TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Mengenai Sapi, Punya Daya Ingat yang Kuat!

Sapi dikenal sebagai hewan yang penting untuk ekosistem

ilustrasi sapi (pexels.com/Tobi)

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang sangat populer dan paling penting di dunia. Alasannya karena pemanfaatan sapi bukan hanya berkaitan pada dagingnya saja, melainkan juga akan dimanfaatkan susunya, kulitnya, hinga berbagai produk turunannya yang berperan penting untuk berbagai kebutuhan dan juga sistem pertanian yang ada.

Kamu tentu saja sudah tidak asing lagi dengan keberadaan sapi karena memang hewan ini cukup mudah ditemukan, khususnya di kawasaan pedesaan. Oleh sebab itu, kamu bisa menyimak beberapa fakta menarik berikut ini seputar sapi agar nantinya bisa semakin mengenal hewan tersebut dengan lebih dekat.

1. Memiliki sistem pencernaan yang kompleks

ilustrasi sapi (pexels.com/Pixabay)

Setiap hewan tentu saja memiliki sistem pencernaannya yang berbeda-beda, termasuk pula dalam hal ini adalah sapi. Sebagai hewan herbivora yang mengonsumsi rumput rasanya wajar apabila sapi memiliki sistem pencernaan yang tampak berbeda jika dibandingkan dengan jenis hewan lainnya.

Dilansir Science Learning Hub, sapi memiliki sistem pencernaan yang sangat kompleks dan bahkan terdiri dari empat bagian utama, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Rumen merupakan bagian terbesar yang berfungsi sebagai tempat fermentasi mikroba, sehingga memungkinkan sapi untuk mencerna rumput berserat tinggi.

2. Berkomunikasi melalui suara dan bahasa tubuh

ilustrasi sapi (pexels.com/Pixabay)

Pola komunikasi yang dimiliki setiap hewan bisa saja berbeda-beda, termasuk pula dalam hal ini adalah kemampuan yang dimiliki sapi. Sapi memiliki cara tersendiri untuk berkomunikasi dengan sesamanya, termasuk pula dengan mengombinasikan antara suara dan bahasa tubuh.

Dilansir BBC Science Focus Magazine,sapi berkomunikasi dengan emngeluarkan suara seperti mengembik untuk mengekspresikan perasaan atau pun kebutuhannya. Selain itu, posisi telinga, ekor, dan postur tubuh dari sapi sering digunakan untuk memberikan petunjuk mengenai suasana hati dan kondisinya.

3. Memiliki daya ingat yang baik

ilustrasi sapi (pexels.com/Min An)

Jika menyebut hewan dengan kemampuan ingatan yang baik, maka harus rasanya memasukkan sapi ke dalam salah satu daftarnya. Hal ini karena ternyata banyak orang yang tidak menyangka bahwa sapi memiliki daya ingat yang sangat baik dan bahkan bisa mengenali wajah.

Dilansir PETA, ada penelitian yang menunjukkan bahwa sapi memiliki ingatan yang sangat baik dan dapat mengenali wajah, baik sesama sapi mau pun manusia. Ini membuat mereka mampu mengingat perlakukan manusia terhadapnya dan menunjukkan perilaku berbeda berdasarkan pengalaman yang dialaminya.

4. Sapi memiliki periode tidur yang singkat

ilustrasi sapi (pexels.com/Viktor Lundberg)

Hewan membutuhkan waktu istirahat untuk mengembalikan kondisinya agar bisa bugar dan beraktivitas lagi seperti biasa. Namun, durasi tidur yang dimiliki setiap hewan bisa saja berbeda-beda, termasuk pula sapi yang ternyata memiliki waktu tidur relatif lebih pendek dibanding hewan lainnya.

Dilansir University of Kentucky, sapi hanya membutuhkan waktu tidur sekitar 4 jam per hari dan ini terdiri dari 1 jam tidur REM (Rapid Eye Movement) untuk memproses informasi dan memulihkan energinya. Tidak mengherankan apabila durasi tidur yang dimiliki sapi sangatlah pendek dan terbatas dibandingkan hewan lain.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya