TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik dari Lidah Buaya, Sudah Ada Sejak Zaman Mesir Kuno!

Lidah buaya kerap digunakan untuk berbagai keperluan berbeda

ilustrasi lidah buaya (pexels.com/Scott Webb)

Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup terkenal di seluruh dunia karena khasiat yang dimilikinya, entah itu untuk perawatan kulit atau pun kesehatan. Selain itu, tanaman lidah buaya termasuk yang cukup mudah ditemukan di berbagai tempat, sehingga tidak sulit bagi orang-orang untuk menemukan tanaman yang satu ini dan penggunaannya pun dinilai cukup umum.

Lidah buaya menjadi tanaman yang menarik secara karakteristik dan juga manfaat, sehingga membuatnya memiliki keunikan tersendiri. Kamu mungkin bisa menyimak beberapa fakta berikut ini seputar lidah buaya agar kamu bisa mengenal tanaman yang satu ini dengan lebih dekat.

1. Sudah digunakan sejak zaman Mesir Kuno

ilustrasi lidah buaya (pexels.com/Madison Inouye)

Keberadaan lidah buaya ternyata pernah menjadi salah satu bahan yang telah digunakan sejak zaman Mesir Kuno, sehingga tidak heran apabila eksistensinya masih sangat populer hingga saat ini. Penggunaan lidah buaya di zaman Mesir Kuno berkaitan dengan proses pembalseman yang dilakukan oleh orang-orang pada masa tersebut.

Dilansir Kew Gardens, pada zaman Mesir Kuno ternyata lidah buaya digunakan untuk proses pembalseman karena kemampuannya untuk mengawetkan tubuh. Terdapat zat aktif di dalam lidah buaya yang dipercaya mampu melawan adanya bakteri atau pun mikroba, sehingga bisa mempertahankan dan mengawetkan tubuh untuk durasi yang lebih lama.

Baca Juga: 5 DIY Masker Lidah Budaya untuk Atasi Luka Bakar, Ampuh! 

2. Lidah buaya mampu memurnikan udara

ilustrasi lidah buaya (pexels.com/Himesh Mehta)

Penggunaan lidah buaya ternyata bukan hanya untuk tubuh saja, sebab ada fungsi lain yang bisa dilakukan lidah buaya untuk kondisi lingkungan sekitar. Salah satu hal menarik dari lidah buaya adalah kemampuannya untuk memurnikan udara, sehingga membuatmu bisa menggunakan tanaman tersebut untuk disimpan di ruangan atau pun rumah.

Dilansir be.green, lidah buaya memiliki kemampuan untuk memurnikan udara dnegan cara menyerap zat-zat beracun, seperti misalnya  benzene, formaldehyde dan trichloroethylene. Inilah yang membantumu untuk memeroleh kualitas udara yang bagus di kantor atau pun rumah dengan meletakkan lidah buaya di dalamnya.

3. Memiliki ketahanan yang baik di kondisi ekstrem

ilustrasi lidah buaya (pexels.com/Elle Hughes)

Lidah buaya menjadi tanaman yang memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di wilayah yang cukup ekstrem, bahkan wilayah yang kering sekali pun. Tidak mengherankan apabila lidah buaya dianggap sebagai tanaman yang cukup tangguh dengan kemampuannya tersebut, sehingga membuatnya tampak berbeda dengan jenis tanaman lain.

Dilansir Kew Gardens, lidah buaya mampu bertahan di kondisi lingkungan yang ekstrem dan panas karena kemampuannya dalam jumlah yang besar. Lidah buaya mampu menyimpan air dalam jumlah besar di dalam daunnya yang tebal, sehingga bisa bertahan hidup di iklim yang kering dan panas.

4. Lidah buaya dapat dikonsumsi

ilustrasi lidah buaya (pexels.com/Jessica Lewis 🦋 thepaintedsquare)

Kebanyakan produk lidah buaya memang digunakan untuk diaplikasikan pada kulit dalam bentuk gel, namun ternyata tidak selalu demikian. Lidah buaya juga termasuk tanaman yang bisa dikonsumsi, namun tidak bisa sembarangan dan memerlukan cara tersendiri sebelum mengonsumsinya.

Dilansir Allrecipes, pada beberapa budaya ternyata banyak pula yang mengolah lidah buaya dengan cara menjadikannya sebagai bahan utama dalam berbagai miuman. Minuman berbahan lidah buaya tersebut dianggap memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Namun, perlu berhati-hati dalam pengolahannya karena bagian kulit dan lateks lidah buaya bisa beracun.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya