TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik dari Kuda, Bisa Merasakan Emosi Manusia!

Kuda cukup peka terhadap manusia yang berinteraksi dengannya

ilustrasi kuda (pexels.com/Pixabay)

Kuda merupakan salah satu hewan yang punya hubungan panjang dan berperan penting bagi manusia. Hal ini karena kuda sudah digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, bahkan sejak zaman kuno, entah itu untuk kebutuhan pertanian, transportasi, bahkan peperangan yang dilakukan.

Kuda terkenal dengan fisiknya yang kuat dan kecerdasannya yang luar biasa, serta mampu untuk menjalin hubungan secara erat dengan manusia. Kehadiran kuda seolah memberikan peran penting dalam sejarah peradaban yang ada, sebab sangat berpengaruh. Untuk semakin mengenal hewan yang satu ini, maka coba simak beberapa fakta menariknya berikut ini.

1. Kuda memiliki penglihatan luas

ilustrasi kuda (pexels.com/Pixabay)

Kuda memiliki kemampuan yang luar biasa pada bagian matanya, sebab bagian tubuh tersebut ternyata menjadi salah satu yang ukurannya terbesar di antara para mamalia darat lainnya. Selain itu, mata kuda yang besar memberikan kemampuan luar biasa terhadap penglihatan yang dimilikinya.

Dilansir Equidiva, mata kuda memiliki posisi di sisi kepala yang membuat penglihatannya sangat luas, bahkan hampir mencakup 360 derajat. Namun, kuda tetap memiliki dua titik buta, yaitu di depan langsung dan tepat di belakang tubuhnya. Penglihatan kuda ternyata sangat baik dalam kondisi cahaya yang rendah, sehingga membuatnya mampu untuk tetap waspada pada malam hari.

2. Kuda berkomunikasi menggunakan gerakan telinga

ilustrasi kuda (pexels.com/Pixabay)

Cara setiap orang dalam berkomunikasi mungkin akan berbeda-beda, termasuk pula apa yang dilakukan kuda. Hewan tersebut memiliki cara tersendiri dalam berkomunikasi, yaitu dengan menggunakan telinganya. Telinga kuda bukan hanya berfungsi untuk mendengar, sebab keberadaannya sangatlah ekspresif.

Dilansir Equine Sciencetelinga kuda bisa berputar hingga 180 derajat untuk mendeteksi suara dari berbagai arah, serta posisinya merupakan cara untuk berkomunikasi. Jika telinga kuda diarahkan ke depan, maka menunjukkan rasa penasaran atau perhatian. Sementara telinga yang tertunduk ke belakang menunjukkan rasa ketakutan atau ketidaknyamanan.

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Kita Temui di Inggris, Ada Kadal Tak Berkaki!

3. Kuda peka dan dapat merasakan emosi manusia

ilustrasi kuda (pexels.com/Jennifer Murray)

Kuda ternyata menjadi hewan yang sangat spesial bagi manusia karena memiliki peran yang penting, termasuk untuk merasakan emosi manusia. Bahkan, kuda sering dianggap memiliki detak jantung yang sama dengan detak jantung manusia yang sedang berinteraksi dengan manusia. Jika pemiliknya merasa tenang atau pun cemas, maka detak jantung kuda pun akan mengikuti.

Dilansir Horse Andrider, kuda dikenal sangat peka terhadap perubahan emosi manusia di dekatnya, sebab bisa merasakan emosi, seperti kecemasan, kebahagiaan, hingga ketakutan. Itulah yang membuat kuda sering digunakan dalam terapi, khususnya bagi mereka yang memiliki gangguan emosional atau mental.

4. Bisa mengatur suhu tubuh melalui nafas

ilustrasi kuda (pexels.com/Pixabay)

Salah satu kemampuan lain yang dimiliki kuda adalah mampu untuk mengatur suhu tubuhnya dalam berbagai situasi yang berbeda. Hal ini seolah memberikan mekanisme tersendiri yang membantu kuda untuk bisa beradaptasi dan bertahan hidup di wilayah yang mungkin cenderung ekstrem.

Dilansir Arioneo, kuda mengatur suhu tubuhnya melalui nafas, sehingga cara tersebut sangatlah untuk. Kuda bernapas melalui hidup dan tidak bisa bernapas menggunakan mulutnya. Mekanisme penapasan yang dimiliki kuda cukup efisien, sehingga bisa membantu mengendalikan suhu tubuh, bahkan dalam kondisi panas atau dingin sekali pun.

5. Kuda punya usia harapan hidup yang panjang

ilustrasi kuda (pexels.com/Brenda Timmermans)

Setiap hewan mungkin memiliki usia hidup yang berbeda-beda, termasuk pula dalam hal ini adalah kuda. Kuda termasuk hewan yang berumur panjang, sehingga membuatnya dapat bertahan hidup dengan baik. Hal ini juga diakibatkan karena berbagai faktor, yaitu kondisi fisik, lingkungan, hingga pola makan yang dimilikinya.

Dilansir Agria Pet Insurance, kuda memiliki harapan hidup rata-rata antara 25 hingga 30 tahun. Beberapa kuda bahkan bisa hidup lebih lama dari rata-rata usia hidup yang ada, apalagi jika melalui proses perawatan yang baik. Rekor kuda tertua yang ada diketahui adalah 62 tahun yang dipegang oleh seekor kuda bernama 'Old Billy'.

Kuda bukan hanya menjadi hewan pekerja yang kuat, namun sudah dianggap sebagai sahabat setia dari manusia. Kemampuan fisiknya yang luar biasa dan sensitivitas emosional yang baik semakin membuatnya istimewa. Apakah kamu sering melihat kuda sebelumnya?

Baca Juga: 6 Hewan Endemik di Kalimantan Timur yang Semuanya Hampir Punah

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya