TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Tentang Hewan Belut, Sangat Licin saat Dipegang!

Belut kerap menjadi salah satu hewan yang sering dimasak

ilustrasi belut (unsplash.com/@lanceanderson)

Belut merupakan salah satu jenis hewan air tawar yang memiliki tubuh memanjang selayaknya ular. Namun, sebetulnya belut memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu panjang, serta tidak memiliki sirip seperti halnya jenis ikan lain.

Belut biasa ditangkap dan dikonsumsi oleh orang-orang, sebab memiliki cita rasa yang lezat. Untuk semakin mengenal belut, kamu bisa menyimak beberapa fakta menariknya yang berikut ini.

1. Tidak menyukai cahaya matahari

ilustrasi belut (unsplash.com/@mtulard)

Jika diperhatikan memang belut bukanlah hewan yang aktif beraktivitas pada pagi hari. Bahkan aktivitas di malam harinya saja tidak terlalu aktif, sebab karakteristik yang dimilikinya.

Dilansir Plos.org, ternyata belut memiliki sensitivitas pada cahaya atau paparan sinar matahari. Itulah mengapa belut kerap mengubur dirinya sekitar 500 hingga 800 meter untuk mencegah sinar matahari.

2. Ternyata merupakan hewan hemaprodit

ilustrasi belut (unsplash.com/@davidclode)

Belut memiliki karakteristik jenis kelamin yang sangat unik dan berbeda dengan jenis ikan lainnya. Sebetulnya belut merupakan hewann hemaprodit protogini yang mengalami pergantian kelamin dari betina ke jantan.

Dilansir HowStuffWorks, biasanya belut akan melepaskan telurnya di bawah air untuk nantinya akan dibuahi oleh sperma dari belut jantan. Biasanya belut mudalah yang memiliki jenis kelamin betina, sementara belut tua memiliki jenis kelamin jantan.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Belut Pita, Belut Paling Cantik di Dunia

3. Memiliki karakter kanibal

ilustrasi belut (unsplash.com/@johnnyafrica)

Ada satu fakta mencengangkan yang dimiliki oleh belut, yaitu karakter kanibal yang ternyata dimilikinya. Karakter kanibal ini sebetulnya kerap terjadi pada beberapa jenis belut pada masa peralihannya.

Dilansir PBS, memang betul bahwa beberapa jenis belut memiliki karakteristik kanibal, sebab kerap menyerang dan memakan sesama belut lainnya. Biasanya hal ini kerap terjadi pada saat belut mengalami masa kosong kelamin, yaitu peralihan dari belut betina ke belut jantan.

4. Termasuk ke dalam kategori hewan karnivora

ilustrasi belut (unsplash.com/@davidclode)

Belut memiliki makanan tersendiri yang kerap dikonsumsinya untuk memenuhi nutrisi setiap harinya. Namun, dalam hal ini ternyata belut termasuk ke dalam kategori atau hewan karnivora.

Dilansir AZ Animals, belut ternyata secara aktif mengonsumsi hewan-hewan kecil seperti ikan kecil, kepiting, udang, bulu babi, bahkan hingga anak katak. Beberapa jenis belut juga ada yang mengonsumsi larva, ulat, dan nyamuk.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Belut Listrik, Ikan Air Tawar yang Bisa Membunuh Manusia!

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya