TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Lemur yang Jarang Diketahui, Hewan Endemi dari Madagaskar!

Lemur memiliki keunikan dibanding jenis hewan lain

ilustrasi lemur (unsplash.com/@soberanes)

Pernahkah kamu mendengar nama lemur? Lemur merupakan salah satu primata yang memiliki bentuk dan corak tubuh yang sangat khas. Sekilas mungkin penampilannya mirip seperti musang, namun tidaklah sama.

Lemur termasuk hewan yang cukup aktif di siang hari dan memiliki cara hidup yang unik. Untuk semakin mengenal lemur, simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Menjadi hewan endemi dan ikon dari Madagaskar

ilustrasi lemur (unsplash.com/@stevo6960)

Lemur ternyata termasuk hewan yang tidak mudah ditemukan di semua tempat. Alasannya karena memang lemur termasuk hewan endemi yang hanya ditemukan di kawasan tertentu saja.

Dilansir Lemur Conservation Network, lemur merupakan hewan endemi dari Madagaskar dan menjadi primata tertua yang pernah ada. Nenek moyang lemur dipercaya sudah ada di pulau Madagaskar sejak 70 juta tahun lalu. Oleh sebab itu, datanglah ke Madagaskar jika ingin melihatnya secara langsung.

Baca Juga: Pintar Bernyanyi, Ini 6 Fakta Unik Lemur Indri dari Madagaskar

2. Ukuran tubuh lemur

ilustrasi lemur (unsplash.com/@sebkln)

Sebagai hewan yang mungkin sulit ditemukan secara langsung, banyak orang yang penasaran dengan penampilan asli dari lemur. Memang setiap lemur memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda.

Dilansir Smithsonian's National Zoo, massa tubuh dari lemur jantan dewasa berkisar antara 3 kilogram, sementara untuk betinanya cenderung lebih kecil. Bagian ekor lemur juga bisa memiliki panjang 61 sentimeter.

3. Cara hidup lemur

ilustrasi lemur (unsplash.com/@jcguarinpenaranda)

Setiap jenis hewan pasti memiliki cara hidupnya tersendiri. Termasuk dalam hal ini adalah lemur yang juga memiliki cara hidup berbeda dan tak sama dengan jenis primata lainnya.

Dilansir Folly Farm, sebagian besar lemur tinggal di kawasan hutan hujan dan menghabiskan sebagian besar waktunya di tanah. Namun, ada pula beberapa dari lemur yang gemar memanjat atau pun bersantai di atas pohon.

4. Perilaku makan antar spesiesnya sangat unik

ilustrasi lemur (unsplash.com/@veverkolog)

Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhannya. Termasuk lemur yang ternyata memiliki makanan yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sehari-hari.

Dilansir AZ Animals, setiap spesies lemur ternyata memiliki perilaku makan yang berbeda-beda. Ada yang mengonsumsi buah, daun, bunga, nektar, serangga, hingga getah-getah dari pepohonan sekali pun. Tak heran jika setiap spesies lemur memiliki perilaku makan yang unik.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Philippine Flying Lemur, Hewan Arboreal Bermata Besar

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya