TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kucing Serval yang Jarang Diketahui, Pandai Berburu!

Indera pendengaran dari kucing ini sangat luar biasa

ilustrasi kucing serval (unsplash.com/J-Photos)

Serval merupakan salah satu jenis kucing liar yang berasal dari Afrika. Mereka memiliki ciri fisik dan perilaku yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan kucing liar lain. Ciri-ciri umum dari kucing serval akan terlihat dari tubuhnya yang tinggi, ramping, telinga besar, dan bulu berbintik yang indah, sehingga menjadi ciri yang mudah dibedakan.

Kucing serval sering dikenal dengan kelincahannya dan kemampuan berburunya, sehingga menjadi hewan yang cukup menarik perhatian bagi para pecinta satwa liar. Kamu bisa menyimak beberapa fakta berikut ini seputar kucing serval agar nantinya bisa semakin mengenal hewan tersebut dengan lebih dekat.

1. Telinga memiliki pendengaran yang sangat sensitif

ilustrasi kucing serval (unsplash.com/Andrew Liu)

Ciri yang paling terlihat dari kucing serval memang salah satunya terletak pada telinganya yang tampak besar dan bulat jika dibandingkan dengan jenis hewan lainnya. Ternyata bukan hanya bentuknya saja yang terlihat unik, namun kemampuan pendengarannya pun termasuk yang luar biasa.

Dilansir San Diego Zoo Animals & Plants, telinga pada kucing serval memungkinkan hewan tersebut untuk mendeteksi suara mangsa kecil, seperti tikus yang bersembunyi di rerumputan tinggi atau pun di bagian bawah tanah. Inilah yang akan sangat membantu kucing serval dalam bertahan hidup di alam liar dengan baik.

2. Kemampuan melompatnya sangat tinggi

ilustrasi kucing serval (unsplash.com/Chen Chen)

Kucing serval memang memiliki berbagai kemampuannya yang luar biasa, termasuk pula kemampuan melompatnya. Ternyata kemampuan melompat dari kucing serval sangatlah mengagumkan dan dapat membantunya untuk bisa bertahan hidup dengan sangat baik di alam liar, sehingga tampak sangat lincah.

Dilansir Slate, kucing serval memiliki kemampuan melompat yang luar biasa, sebab bisa hingga mencapai 3 meter ke udara. Keterampilan inilah yang akan sangat membantu kucing serval dalam menangkap burung atau pun serangga, sehingga bisa membantunya dalam berburu di rerumputan tinggi.

Baca Juga: 5 Alasan Kucing Suka Memperlihatkan Pantat pada Pemiliknya, Genit? 

3.Kemampuan berburunya sangat baik

ilustrasi kucing (unsplash.com/Trison Thomas)

Kucing serval termasuk salah satu yang cukup agresif dalam urusan berburu, sehingga membuatnya bisa menangkap mangsa dengan sangat efisien. Tidak heran apabila kucing serval bisa dengan mudah menangkap berbagai mangsa yang dicarinya, sehingga ini menjadi salah satu kelebihannya dalam bertahan hidup.

Dilansir Wildlife Photography Africa, serval merupakan pemburu yang sangat sukses dengan tingkat keberhasilan mencapai 50%, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan kucing besar lainnya seperti singa. Biasanya serval akan berburu mangsa yang lebih kecil, seperti burung, serangga, tikus, atau pun reptil dengan menggunakan berbagai kemampuannya.

4. Kucing serval merupakan hewan teritorial dan soliter

ilustrasi kucing serval (unsplash.com/Frida Lannerström)

Seperti yang diketahui bahwa kucing domestik merupakan hewan yang cukup teritorial mengenai wilayah tempat tinggalnya dan hal ini ternyata juga dialami oleh kucing serval. Serval termasuk hewan yang juga cukup soliter dan sangat teritorial dalam mempertahankan wilayahnya saat ini.

Dilansir Panthera.org, kucing serval bisa menjadi sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya dari kucing serval lain, terkecuali pada saat memasuki musim kawin karena serval jantan dan betina akan saling mendekati. Biasanya kucing serval akan menandai wilayah mereka dengan menggunakan kucing, sehingga mudah dibedakan.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya