TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Ilmiah Seputar Ikan Dory, Ternyata Dagingnya Beracun!

Proses pengolahan ikan dory harus dilakukan dengan tepat

ilustrasi ikan dori (unsplash.com/@pawel_czerwinski)

Pernahkah kamu mendengar nama ikan dory? Mungkin keberadaan ikan dory ini akan mengingatkanmu dengan salah satu karakter yang ada di kartun Finding Nemo dan Finding Dory. Melansir Mentalfloss, dory adalah nama populer yang memiliki nama latin Paracanthurus hepatus, atau ikan tang biru pasifik, yang kadang-kadang disebut sebagai atau hippo tang.

Ikan ini identik dengan warna biru dan kuning, meski warna dari dory sebetulnya bisa beragam. Ikan ini ternyata menyimpan banyak keunikan tersendiri dibandingkan jenis ikan lain. Jika kamu tertarik untuk mengetahui apa saja fakta menarik tersebut, simaklah beberapa fakta berikut ini.

1. Jenis ikan yang sebetulnya berbahaya

ilustrasi ikan dori (unsplash.com/@jacqueline_flock)

Ikan dory selama ini cukup sering dikonsumsi oleh orang-orang, khususnya bagi mereka yang menyukai olahan ikan segar. Padahal sebetulnya ikan dory tidak benar-benar direkomendasikan.

Dilansir Mental Floss, ikan dory mengandung daging yang beracun dan bisa menyebabkan penyakit bawaan. Alasannya karena memang ikan dory memiliki racun yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Meski dampaknya tak benar-benar sampai membahayakan nyawa, namun kemungkinan besar akan terkena diare jika sampai mengonsumsi racunnya.

2. Memiliki peran penting terhadap terumbu karang

ilustrasi karang (unsplash.com/@davidclode)

Keberadaan ikan dory ternyata menjadi sesuatu yang sangat penting untuk benda-benda di sekitarnya, termasuk terumbu karang. Tidak heran jika kemudian ikan dory dapat membantu menjaga terumbu karang, sekaligus untuk hewan laut lainnya.

Dilansir Coral Gardening, ikan dory menggunakan gigi-giginya yang tajam untuk mengikis alga pada bebatuan dan juga karang. Hal ini ternyata bermanfaat untuk mencegah alga agar tak tumbuh terlalu tinggi, sehingga terumbu karang tersebut bisa digunakan ikan-ikan kecil untuk berlindung.

Baca Juga: 7 Fakta Lele Hantu, Ikan Unik Bertubuh Tembus Pandang

3. Tak dapat ditemukan di semua perairan

ilustrasi ikan dori (unsplash.com/@davidclode)

Mungkin kamu penasaran dengan keberadaan ikan yang satu ini. Namun, sayangnya ikan dory tidak bisa sembarangan di temukan di berbagai tempat. Hanya tempat-tempat tertentu saja yang menjadi rumah bagi jenis ikan ini.

Dilansir Fandom.com, ikan dory ternyata berasal dari lautan Indo-Pasifik. Cukup sulit untuk menemukan ikan dory di lautan lain, sehingga memang mereka memiliki perairan asalnya tersendiri.

4. Tidak bisa tinggal di akuarium

ilustrasi aquarium (unsplash.com/@kazuend)

Melihat interaksi dari ikan dory di film animasi mungkin membuat banyak orang ingin memeliharanya. Salah satu caranya tentu saja dengan menyimpan ikan dory di akuarium dan membiarkannya tinggal di sana.

Dilansir Pet Helpful, ikan dory termasuk hewan yang bisa tumbuh cukup besar dan cenderung cukup agresif. Selain itu, hewan ini juga senang bersembunyi di karang, sehingga cukup sulit rasanya untuk membiarkannya tinggal di dalam akuarium. Terkecuali jika kamu mampu menyediakan akuarium dengan kapasitas yang besar.

Baca Juga: 5 Fakta Unik dari Ikan Tuna, Jadi Favorit Banyak Orang!

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya