TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta dari Ikan Tuna yang Jarang Diketahui, Perenang yang Handal!

Tuna menjadi ikan yang cukup aktif dikonsumsi

Ilustrasi ikan tuna (unsplash.com/Sean Robertson)

Ikan tuna merupakan salah satu spesies ikan laut yang sangat populer, sebab banyak digunakan dalam membuat berbagai sajian lezat. Tuna dikenal karena dagingnya yang berkualitas tinggi dan lezat pada saat disajikan, sehingga cukup banyak digunakan dalam dunia kuliner.

Keberadaan ikan tuna di dalam laut ternyata termasuk sebagai pedator lain, sebab berbagai kemampuan yang dimilikinya. Simaklah beberapa fakta berikut ini mengenai ikan tuna agar kamu bisa semakin mengenal keberadaan hewan ini dengan lebih dekat, apalagi bagi kamu yang suka mengonsumsinya.

1. Tuna merupakan perenang yang handal

ilustrasi ikan tuna (unsplash.com/Lance Anderson)

Ikan tuna memiliki berbagai kemampuannya tersendiri dalam beradaptasi di laut, termasuk pada saat mencari mangsa atau pun menghindari keberadaan predator. Salah satu kemampuan unik yang dimiliki ikan tuna terletak pada kemampuan berenangnya yang sangat cepat dan efektif.

Dilansir Treehugger, ikan tuna mampu berenang dengan kecepatan mencapai 75 kilometer perjam, sehingga menjadikannya sebagai salah satu ikan tercepat di laut. Selain itu, bentuk tubuh ikan tuna menjadikan hewan ini memiliki kemampuan aerodinamis, apalagi diikuti dengan sirip ekor yang kuat. Ikan tuna mampu meluncur melalui air dengan efisiensi yang cukup tinggi.

2. Tuna terbiasa dengan kemampuan migrasinya

ilustrasi ikan tuna (unsplash.com/Humberto Chávez)

Satu hal menarik yang dimiliki ikan tuna adalah kemampuannya dalam bermigrasi, sehingga bisa mencapai jarak yang jauh dan luar biasa. Kemampuan migrasi yang dimiliki tuna ini tentu bukan tanpa alasan, sebab hewan tersebut perlu menemukan tempat yang tepat untuk mencari makanan atau pun bertelur.

Dilansir Smithsonian Ocean, ikan tuna bisa berenang rubuan kilometer, bahkan beberapa spesies seperti bluefin tuna bisa bermigrasi melintasi seluruh samudera dari Atlantik hingga Pasifik. Proses migrasi ini sangat memungkinkan ikan tuna untuk menemukan ekosistem yang berbeda selama hidupnya.

Baca Juga: Penjelasan Sains Sederhana Mengapa Laut Berwarna Biru

3. Ikan tuna tidak pernah berhenti berenang seumur hidupnya

ilustrasi ikan tuna (unsplash.com/kate estes)

Semua ikan di laut memang akan melintasi perairan dengan cara berenang, namun mungkin ada masanya akan berhenti sejenak untuk beristirahat. Berbeda halnya dengan ikan tuna yang ternyata tidak pernah berhenti untuk berenang seumur hidupnya, sebab ini berkaitan dengan kemampuan bernapasnya.

Dilansir Monterey Bay Aquarium, tuna harus berenang sepanjang hidupnya, sebab memiliki mekanisme pernapasan yang disebut ram ventilation. Kondisi ini membuat air harus terus mengalir melalui insang mereka, sehingga bisa mendapatkan oksigen. Jika ikan tuna berhenti berenang, maka suplai oksigennya akan berhenti dan mereka pun bisa mati.

4. Ikan tuna bisa menyelam sangat dalam

ilustrasi ikan tuna (unsplash.com/Matt Alaniz)

Salah satu kemampuan menarik yang dimiliki ikan tuna adalah mampu menyelam cukup dalam. Kemampuan menyelam ini tentunya bisa sangat dalam dan memungkinkan ikan tuna untuk bisa menemukan mangsa di berbagai ke dalaman zona laut yang ada, sehingga kemungkinannya pun lebih besar.

Dilansir Planet tuna, ikan tuna mampu menyelam hingga kedalaman sekitar 500 meter atau bahkan lebih dari 1000 meter. Di kedalaman tersebut memang ikan tuna bisa menemukan mangsa yang tidak terjangkau oleh predator lainnya, sehingga inilah caranya untuk bertahan hidup dengan sangat baik.

Verified Writer

Salsabila Manlan

Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya