TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Buah Semangka yang Jadi Favorit Banyak Orang, Kamu Juga?

Buah semangka identik dengan cita rasanya yang manis segar

ilustrasi semangka (unsplash.com/@rens23)

Semangka merupakan salah satu jenis buah-buahan populer yang ada di dunia. Jenis buah ini tumbuh dengan ara merambat dan biasanya memiliki ukuran yang cukup besar saat siap dipanen.

Keberadaan semangka tentunya sangat populer untuk dinikmati langsung atau pun dibuat olahan seperti jus. Di balik cita rasa manis dan segarnya, semangka juga memiliki lima fakta menarik berikut ini.

1. Semangka termasuk ke dalam keluarga berry

ilustrasi semangka (unsplash.com/@sahandbabali)

Jika berbicara mengenai berry, mungkin kamu akan terbayang beberapa jenis buah berukuran kecil, seperti blueberry, blackberry, hingga raspberry. Padahal ada pula buah lainnya yang masih masuk dalam kategori keluarga berry, salah satunya semangka.

Dilansir Encyclopedia Britannica, ada beberapa jenis buah yang memiliki ciri kulit yang keras memanjang dan masuk ke dalam kategori Cucurbitaceae. Semangka, timun, dan labu juga termasuk ke dalam jenis ini, sehingga mereka masih dikategorikan sebagai keluarga berry dalam konteks pepos.

Baca Juga: 12 Fakta Buah Delima, Buah yang akan Tumbuh di Taman Surga

2. Kandungan air pada semangka mencapai 92 persen di setiap gigitannya

ilustrasi semangka (unsplash.com/@flohmaier)

Semangka memiliki ukuran yang cukup besar, bahkan ukurannya jauh lebih besar dibandingkan buah melon. Namun, ternyata ada karakteristik yang unik dari buah yang satu ini, yaitu mengenai kandungan airnya.

Dilansir Wonderopolis, pada setiap gigitan dari buah semangka, ternyata mengandung sekitar 92 persen kandungan air di dalamnya. Oleh karena itu, fakta ini rasanya relevan dengan nama semangka dalam Bahasa Inggris, yaitu watermelon.

3. Ada sekitar seribu varietas semangka di dunia

ilustrasi semangka (unsplash.com/@frostroomhead)

Setiap buah memang biasanya memiliki varietas tersendiri sebagai pembeda. Ciri perbedaannya juga bisa terletak dari warna, ukuran, hingga cita rasa yang dimiliki. Sama halnya pula dengan beragam varietas yang dimiliki semangka.

Dilansir Plant Snap, ada lebih dari seribu varietas semangka di dunia. Bahkan lebih dari tiga ratus di antaranya justru ditanam dan tersebar di Amerika Serikat dan Amerika Selatan. Tidak heran bila ekspor semangka di sana sangatlah pesat, apalagi dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran.

4. Termasuk jenis buah yang cepat tumbuh

ilustrasi semangka (unsplash.com/@tamoio)

Semangka dapat menjadi salah satu jenis komoditas yang cukup menjanjikan, jika kamu berminat. Alasannya, karena pertumbuhannya yang cepat dan kamu juga dapat menanamnya secara mudah.

Dilansir The Spruce, menanam semangka hanya membutuhkan waktu sekitar 80-90 hari sampai matang. Bahkan ada pula beberapa jenis varietas semangka yang sudah siap dipanen setelah 70 hari proses penanaman.

Baca Juga: 5 Fakta Buah Bisbul, Masih Kerabat Dekat Kesemek

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya