TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ras Burung Elang Terkuat di Dunia, Mampu Angkat Mangsa Hingga 18 Kg!

Digolongkan berdasarkan kemampuan mereka mengangkat beban

Bald Eagle (ebird.org/Matt Davis)

Meskipun burung elang terbagi dalam beberapa jenis, namun ada ras burung elang yang disebut sebagai burung terbesar dan terkuat di dunia, lho. Burung-burung ini, termasuk salah satu diantaranya adalah burung elang harpy. Dikenal karena kekuatan dan keterampilan predatornya yang luar biasa. 

Bahkan sangat kuat untuk ukuran tubuhnya, dan mampu mengangkat beban yang sangat berat. Karena memiliki cakar yang mematikan, mereka sanggup mengangkat mangsanya ke udara dengan berat mencapai 18 kg. Dan tidak mudah bagi mangsanya, untuk bertahan hidup dari serangan sekuat itu. 

Beberapa burung elang di bawah ini, digolongkan berdasarkan kemampuan mereka mengangkat hewan dan benda. Mari kita jelajahi lima ras burung elang terkuat di dunia. Dan seberapa berat beban yang dapat mereka angkat, apakah cukup 18 kg, atau lebih? Dan kenapa burung elang ini, begitu kuat? Keep scrolling!

1. Elang Emas

seekor elang emas memakan rubah di salju, Republik Ceko (commons.wikimedia.org/Bohus Cicel)

Elang emas terkenal karena ukuran dan kekuatannya yang mengagumkan, dengan lebar sayap yang sangat besar yaitu mencapai 8 kaki dan memiliki berat rata-rata hingga 15 pon. Burung yang agung ini sering ditemukan di wiyalah pegunungan di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Mereka merupakan pemburu yang sangat mahir, dengan kecepatan dan kelincahan yang luar biasa.

Burung elang emas juga memangsa berbagai hewan seperti kelinci, tupai, anjing padang rumput, ikan, burung, rubah, bahkan anak rusa. Cakarnya yang kuat memiliki kekuatan menghancurkan, dan dengan penglihatannya yang tajam memungkinkan mereka untuk menangkap dan menaklukkan mangsanya dengan cepat. Dan mampu mengangkat beban, seberat hingga 10 pon. Kehebatannya ini, menunjukkan sebagai predator tingkat atas. 

2. Elang Filipina

Elang Filipina (ebird.org/Chaiyan Kasorndorkbua)

Elang Filipina juga termasuk burung terkuat di dunia. Seperti kebanyakan elang lainnya, mereka juga mampu mengangkat beban mencapai hampir 6 pon atau lebih. Elang Filipina memiliki berat hingga 18 pon dengan lebar sayapnya mencapai 7 kaki. Enggak heran, jika burung elang disebut burung perkasa dan kuat.

Sebelumnya, ras burung elang ini dikenal sebagai pemakan monyet. Tenyata tidak benar, menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka memangsa berbagai hewan. Mulai dari tikus, kelelawar, hingga babi dan biawak.

Elang Filipina yang telah memperoleh status Burung Nasional Filipina ini, juga merupakan spesies yang sangat setia, kawin seumur hidup kecuali pasangannya mati. Mereka termasuk spesies yang terancam punah, dan hanya ditemukan di hutan tropis Filipina. 

3. Elang Harpy

Elang Harpy (ebird.org/Joao Marcos Rosa)

Elang harpy adalah salah satu burung pemangsa terbesar, menarik, dan terkuat di bumi. Memiliki lebar sayap mencapai 7 kaki, burung yang luar biasa ini hidup di hutan tropis di seluruh Amerika Tengah dan Selatan. Elang harpy merupakan predator yang mampu mengangkat mangsanya dengan kapasitas hingga 18 kg (40 pon). 

Bahkan elang betina umumnya lebih besar dan lebih kuat daripada elang jantan. Elang harpy adalah karnivora sejati dan memangsa sebagian besar mamalia arboreal, seperti coatimundis, landak, kukang, monyet, dan oposum. Hebatnya lagi, elang harpy telah didokumentasikan memakan lebih dari 100 spesies mangsa berbeda di seluruh wilayah jelajahnya yang luas. Dan ini tidak dapat dilakukan oleh burung lainnya. 

Kekuatan burung harpy berasal dari cakarnya, memiliki cakar yang tajam dan besar kira-kira sebesar telapak tangan manusia, lho. Oleh karena itu, elang ini dapat menghancurkan tulang dengan sangat mudah.

4. Elang Botak

Bald Eagle (ebird.org/Matt Davis)

Elang botak (Bald Eagle) termasuk burung pemangsa terbesar dan terkuat di Amerika Utara. Ras burung elang ini, sangat besar memiliki lebar sayap hingga 8 kaki. Mereka tidak hanya kuat, namun juga merupakan burung yang perkasa. Meskipun makanan utamanya adalah ikan, namun elang botak juga memiliki kekuatan untuk mengangkat rusa kecil dan anak rusa, lho. 

Mampu mengangkat dan menerbangkan mangsanya hingga seberat 8 pon, menggunakan cakarnya yang sangat kuat. Selain itu, mereka juga dapat melukai hewan yang jauh lebih besar dari ukuran tubuh mereka, seperti beruang dan rusa besar. Elang botak adalah burung Nasional AS, dan dihormati di seluruh dunia karena kekuatannya yang luar biasa.

5. Elang Laut Steller

elang laut Steller di Rausu, Hokkaido (flickr.com/GruenesMonster72)

Seperti elang lainnya, elang laut Steller juga memiliki cengkraman yang kuat dan cakar yang tajam. Sungguh luar biasa, dapat mengangkat singa laut yang memiliki berat mencapai 20 pon. Elang laut Steller termasuk burung besar dan juga merupakan salah satu elang laut terbesar di dunia. Dan elang yang perkasa ini biasanya memiliki bobot lebih berat daripada burung harpy, setidaknya berbeda satu pon. 

Karena habitatnya di laut, mereka juga menangkap dan membawa ikan salmon yang sangat mereka sukai. Mirip dengan burung pemangsa ikan lainnya, elang laut ini juga memiliki cakar bengkok dengan telapak kaki yang runcing. Kehebatannya ini, membuat ikan tidak terlepas dari cengkeramannya yang kuat. Selain cengkeramannya yang luar biasa, mereka memiliki lebar sayap yang sangat besar hingga 9 kaki. Sehingga menjadikannya predator yang ganas di udara. 

Verified Writer

Salma Wati

Let's Flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya