TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Tumbuhan dan Kehidupan Bawah Laut yang Begitu Indah

Lihatlah flora dan fauna air begitu memukau! 

ikan badut menakjubkan (istockphoto.com/Antagain)

Lautan penuh dengan wilayah yang belum dipetakan, dan keajaiban alam menakjubkan yang terlihat sangat mungkin berasal dari planet lain. Namun, tumbuhan bawah air dan kehidupan laut penuh dengan warna dan fitur menarik yang sangat menakjubkan. Salah satu alasan utama flora dan fauna air begitu memukau adalah warnanya yang cerah.

Di lautan, warna-warni cerah ini, telah membantu hewan mencegah pemangsa dan berbaur lebih baik dengan lingkungannya. Seperti contoh karang laut, mengandung protein tertentu, yang membuatnya berwarna indah. Oleh sebab itu ikan-ikan yang hidup di antara karang laut telah berevolusi untuk menunjukkan warna yang sama. Untuk mengenal lima tumbuhan dan kehidupan bawah laut, yang begitu indah seperti dibawah ini, yuk lihat. 

1. Batu karang

terumbu karang laut menakjubkan ((istockphoto.com/vlad61)

Mungkin kamu pernah melihat karang laut yang begitu indah. Bervariasi dalam bentuk, ukuran, dan juga teksturnya. Oleh sebab itu karang laut sangat dikagumi karena variasinya. Dari tampilan warnanya yang berbeda, ini merupakan hasil pigmen fotosintesis, protein fluoresen, dan kromoprotein nonfluorescent. 

Namun, warna cemerlang dari terumbu karang sangat terancam oleh suhu air yang menghangat. Sebab, naiknya suhu mengakibatkan berkurangnya jumlah ganggang mikroskopis yang menghasilkan makanan yang dibutuhkan karang untuk bertahan hidup. Pada tahun 2021 pemutihan karang berdampak pada sekitar 75 persen terumbu karang secara global. 

2. Anemon berbulu putih

white plumed anemone (istockphoto.com/powerofforever)

Berikut ini adalah anemon laut berbulu putih. Makhluk ini bertanggung jawab atas beberapa warna dan bentuk paling menakjubkan, yang akan kamu temui di bawah dasar laut. Sebenarnya ada lebih dari 1.200 spesies anemon laut. 

Anemon berbulu putih ini, merupakan salah satu yang paling menawan, karena tampilannya yang aneh seperti kembang kol. Dan tentakel anemon adalah alat utama untuk menyengat dan menangkap mangsa. 

3. Clownfish

ikan badut menakjubkan (istockphoto.com/Antagain)

Ikan badut atau Clownfish merupakan satu-satunya ikan yang kebal terhadap anemon (hewan laut dengan ratusan tentakel berbisa). Ikan badut melindungi dirinya dari sengatan ketika menggosokkan tubuhnya ke tentakel anemon. Sebab, keduanya menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Namun, tidak semua ikan badut atau anemon laut bisa hidup berdampingan, lho. Proses simbiosis antara keduanya sangat berevolusi, dan telah melibatkan ikan badut yang cantik ini mengembangkan lapisan lendir yang tebal, untuk melindungi dirinya dari sengatan kuat anemon. 

4. Karang lunak 

karang lunak ((istockphoto.com/woning)

Karang lunak adalah anggota dari subkelas dari Octocorallia, dinamai berdasarkan "simetri radial delapan kali lipat." Ini berarti karang lunak memiliki delapan potongan kecil yang bercabang, dari setiap tabung utama untuk memberikan tampilan berbulu halus.

Dan karang lunak, yang memiliki variasi bentuk dan ukuran yang signifikan, tentu dapat tumbuh subur di perairan dalam atau perairan tropis yang dangkal sekalipun.

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Red Devil, Ikan Hias yang 'Menjajah' Danau Toba

Verified Writer

Salma Wati

Let it flow in its own time

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya