TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Makhluk Paling Kuat dalam Mitologi Nordik, Ada Fenrir dan Valkyrie!

Sering kali ditampilkan dalam film fiksi dan karya sastra

makhluk mitologi Nordik serigala Fenrir (britannica.com)

Makhluk mitologi Nordik adalah salah satu yang paling terkenal dalam peradaban dunia. Oleh karenanya kerap kali ditampilkan dalam film fiksi maupun video game, termasuk dalam karya sastra. Seperti para Elf juga sangat populer dalam cerita fiksi Inggris setelah periode abad pertengahan. Serigala Fenrir pun tampil menonjol dalam puisi Norwegia dan Islandia.

Dari berbagai mitologi dunia, mitologi Nordik dari Skandinavia juga termasuk salah satu yang paling populer. Menceritakan konflik dan kepahlawanan para Dewa, manusia, dan antar makhluk mitos lainnya. Diantara banyaknya makhluk lainnya dalam mitologi Nordik, tentu saja ada yang terkuat diantara mereka. Selain para Elf, Fenrir, dan Valkyrie, siapa sajakah mereka? Yuk, simak! 

1. Draugr

Draugr makhluk mitologi Nordik (campervansweden.com)

Draugr atau mayat hidup bangsa Norse adalah makhluk tangguh dengan kekuatan super dan memiliki kemampuan untuk memperbesar ukuran tubuh mereka sesuka hati. Draugr juga dikenal sebagai hantu Viking yang serakah sepanjang hidupnya. Memiliki cengkeraman yang mematikan dan mereka tinggal di makam yang memiliki  harta karun yang terkubur bersamanya.

Mereka juga dapat menciptakan ketakutan untuk kuburan dan orang mati yang penuh dendam. Mungkin mereka adalah versi awal dari zombie dalam mitologi. Sehingga orang-orang Viking yang mati terkadang dikubur dengan jari-jari kakinya yang diikat lalu ditusukkan jarum. Ini dilakukan untuk mencegah mereka bangkit dari kematian sebagai Draugr.

2. Troll

Troll makhluk mitologi Nordik (flickr.com/scott1346)

Troll juga termasuk makhluk paling kuat dalam mitologi Nordik. Makhluk yang terlihat menyeramkan ini, banyak dikisahkan dalam karya sastra, termasuk karya dari Brothers Grimm dan JRR Tolkien. Troll juga bisa ditelusuri kembali ke mitologi Nordik, dimana mereka awalnya digambarkan sebagai penipu licik bertubuh kecil. Dan berbeda dari raksasa menakutkan yang ditemukan dalam cerita Tolkien.

Troll yang terlahir dari garis keturunan Jotnar ini, biasanya membuat rumah di wilayah terpencil dan gua-gua tersembunyi. Mereka memiliki sifat yang kejam dan selalu menjadi ancaman bagi manusia secara terus-menerus. Tidak hanya itu, dalam cerita rakyat menekankan kecakapan mereka yang luar biasa untuk beregenerasi. 

Dikisahkan dalam mitos kuno, Troll juga merupakan musuh bebuyutan. Karena senang mengadu domba manusia dengan para Dewa, pahlawan, dan bahkan kerabatnya sendiri. Jangan pernah meniru sifat dari Troll, ya.

Baca Juga: 7 Burung Mistis yang Muncul di Kisah Mitologi, Apa Saja?

3. Peri

ilustrasi Peri cantik (pixabay.com/jcoope12)

Kamu pasti sering mendengar sebutan Peri yang sangat cantik, namun tahukah kamu? Nama Peri yang sering disebut dalam sebuah cerita dongeng ternyata juga berasal dari mitologi Nordik yang disebut dengan Alfar. Para Elf mendiami Alfheimr, merupakan wilayah yang damai dalam mitologi Nordik. Dan digambarkan juga sebagai makhluk bercahaya dengan kecantikan yang agung serta memiliki hubungan bawaan dengan alam.

Sebagai penjaga lanskap alam, untuk mewujudkan hubungan simbiosis dengan hutan dan alam dunia lainnya. Dalam mitologi Nordik, Peri sering digambarkan sebagai penjaga yang baik hati yang menawarkan bantuan dan perlindungan kepada individu yang dianggap layak menerima kebaikan mereka. Akan tetapi, jangan pernah melanggar adat dan ritual Elf karena dapat mengakibatkan konsekuensi yang mengerikan.

Para Elf juga sangat populer dalam fiksi Inggris setelah periode abad pertengahan, dimana mereka sering terlihat sebagai makhluk cantik yang jahil dan juga nakal. Dan pengaruh pada cara Peri saat ditampilkan dalam buku dan film masa kini adalah The Lord of the Rings karya JRR Tolkien sekitar tahun 1950. Menggambarkan Elf sebagai makhluk pemberani, anggun, dan sangat bijaksana.

4. Serigala Fenrir

makhluk mitologi Nordik serigala Fenrir (britannica.com)

Fenrir adalah serigala raksasa yang mengerikan dari mitologi Nordik.Ia merupakan putra Loki yang jahat dan seorang raksasa wanita yang bernama Angerboda. Karena para Dewa takut akan kekuatan Fenrir dan mengetahui hanya kejahatan yang bisa dibuatnya, Fenrir diikat dengan rantai ajaib yang terbuat dari suara langkah kaki kucing, jenggot seorang wanita, nafas ikan, dan elemen gaib lainnya. 

Saat rantai dipasang, Fenrir menggigit tangan Dewa Tyr. Lalu, para Dewa menyumpalnya dengan pedang dan ditakdirkan untuk tetap terbaring terikat di sebuah batu hingga hari kiamat tiba. Karena kisah ini, Fenrir pun tampil menonjol dalam puisi Norwegia dan Islandia pada abad ke-10 dan ke-11. Dan para penyair berbicara dengan khawatir tentang hari ketika Fenrir akan melepaskan diri. 

5. Huldra

Huldra makhluk betina penghuni hutan (x.com/FinnFolklorist)

Huldra adalah makhluk mitos yang telah menjadi bagian dari cerita rakyat Skandinavia selama berabad-abad. Makhluk betina yang memiliki ekor dan terkuat ini, juga dikenal karena kecantikan dan sifatnya yang menggoda. Ia diyakini sebagai penghuni hutan terpencil dan liar, dan namanya berasal dari kata Norse kuno yang berarti 'tertutup' atau 'rahasia'. Ini mungkin merujuk pada sifat mereka yang tersembunyi dan tidak jelas.

Huldra juga dapat berubah wujud dan menjelma menjadi manusia atau hewan. Konon ia memiliki rambut pirang panjang, satu-satunya hal yang membedakannya dari manusia adalah ekornya seperti ekor sapi. Huldra sangat senang tampil di hadapan pria muda dan menguji mereka. Jika pria itu sopan dan tidak mengomentari ekornya, ia akan memberi sebuah hadiah. 

6. Valkyrie

Valkyrie karya seni Nationalmuseum Swedia (commons.wikimedia.org/Museum Nasional)

Valkyrie dalam mitologi Nordik merupakan salah satu dari sekelompok gadis yang melayani Dewa Odin, dan dikirim ke medan perang untuk memilih orang-orang yang terbunuh yang layak mendapat tempat di Valhalla. Para peramal perang ini menunggangi kuda bersayap yang megah, mengenakan helm dan perisai pelindung untuk berperang. 

Peran Valkyrie mungkin terdengar suram, namun sekaligus peran yang mulia. Ini mencerminkan kenyataan perang yang keras dan juga merupakan sebuah kehormatan untuk mati dengan gagah berani dalam pertempuran. 

Makhluk mitologi Nordik ini, memiliki kekuatan dan kebijaksanaan yang mendalam. Selain paling kuat, mereka juga diyakini memiliki pengaruh besar terhadap hasil pertempuran. Serta membentuk takdir para pejuang melalui kemampuan mistis mereka. Nordik kuno merujuk pada Valkyrie sang penyihir yang sangat kuat, murni memiliki kekuatan supernatural.

7. Sleipnir

Sleipnir kuda gagah Odin berkaki delapan (campervansweden.com)

Sleipnir adalah kuda gagah dan setia yang ditunggangi Dewa Odin, ia memiliki delapan kaki berotot yang sangat kuat. Keduanya sering digambarkan bersama dalam seni Viking. Dikenal karena dapat berpacu lebih cepat dan mampu melompat lebih tinggi.

Karya seni lainnya menunjukkan ia menggunakan semua kakinya secara mandiri. Dan ia tidak hanya cepat, tetapi juga mampu bepergian antar dunia tanpa batas. Odin juga dikaitkan dengan banyak hewan, tetapi Sleipnir adalah yang paling ikonik. Makhluk agung ini, lahir dari pasangan Loki dan kuda jantan Svadilvari. 

Odin adalah pemimpin dari semua Dewa dan makhluk terkuat dalam mitologi Nordik. Namun, ia pun bisa dibunuh. Serigala Fenrir dinubuatkan akan membunuh Odin selama Ragnarok. Nah, dari beberapa makhluk di atas, menurut kamu makhluk apa yang paling kuat.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Bluebell, Bunga Cantik dengan Mitos Unik

Verified Writer

Salma Wati

Let's Flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya