TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanaman dengan Nama dan Bentuk Menyeramkan, Bikin Merinding!

Salah satunya bernama tanaman hantu

ilustrasi tanaman dengan nama dan bentuk yang menyeramkan (flickr.com/Peter de Wit I Bobbruxelles)

Dunia flora memang sangat beraneka, dari yang biasanya kamu temui di pekarangan, hingga tanaman-tanaman dengan bentuk unik dan nama yang kreatif. Sebut saja tanaman lidah buaya karena bentuknya yang runcing memanjang, tanaman gelombang cinta karena daunnya yang bergelombang yang sangat cantik, dan masih banyak lagi.

EIts, tahukah jika di dunia ini mempunyai beberapa tanaman dengan nama yang menyeramkan? Sesuai dengan namanya, bentuk tanaman ini memang terlihat seperti tanaman supranatural yang berbeda dengan tanaman yang sering dilihat. Penasaran?

1. Baneberry putih atau mata boneka (Actaea Pachypoda) 

ilustrasi Baneberry putih atau tanaman mata boneka (flickr.com/Peter de Wit)

Dlilihat sekilas, tanaman ini memang terlihat biasa saja. Namun, jika mendekatinya, kamu akan melihat banyak mata boneka yang menggantung di tanaman ini. 

Bernama Baneberry putih atau mata boneka, tampilan tanaman ini memang cukup menakutkan dan terkesan aneh. Batangnya yang tebal dengan warna merah membuatnya seperti urat syaraf mata. Jangan mendekati tanaman ini karena seluruh anggota tubuhnya dikenal sengat beracun!

Baca Juga: 9 Ide Tanaman Artifisial untuk Memperelok Ruangan

2. Bleading heart atau jantung berdarah (Lamprocapnos spectabilis)

ilustrasi tanaman jantung berdarah atau bleading heart - Actaea Pachypoda (flickr.com/Peachea)

Berasal dari daerah di Asia Timur seperti China Utara, Jepang, Korea, dan sekitar Siberia, tanaman bleading heart atau jantung berdarah ini memang mempunyai bentuk yang unik. Bunganya yang berbentuk hati berwarna merah muda dengan ujung putih seperti tetesan membuatnya terlihat menarik.

Karena begitu unik, spesimen pertama tanaman jantung berdarah ini pun diperkenalkan ke Inggris abad-19 oleh peneliti botani yang bernama Robert Fortune. Setelah melakukan berbagai penelitian, akhirnya tanaman ini bisa mekar pada musim semi. 

3. Rumput Darah Jepang (Imperata Cylindrica) 

ilustrasi tanaman rumput darah Jepang - Imperata Cylindrica (flickr.com/Mike Farndale)

Terdengar menakutkan, tanaman rumput darah Jepang ini berasal dari paku-pakuan yang berwarna merah darah. Itulah mengapa tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang terlihat menakutkan di dunia. 

Warnanya yang berani tentu dapat menarik perhatian ketika ada di taman. Sayangnya, warnanya yang seperti darah ini juga membuat orang takut melihatnya. Apalagi, tanaman ini sangat mudah terbakar sehingga kerap menjadi penyebab kebakaran hutan.

4. Jengger ayam atau brain Celosia (Celosia argentea var. cristata)

ilustrasi tanaman jengger ayam atau brain Celosia - Celosia argentea var. cristata (flickr.com/Bobbruxelles)

Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini dengan nama jengger ayam karena mirip seperti jengger pada hewan unggas yang berwarna merah. Namun, bagi pecinta tanaman Internasional, tanaman ini terbilang menakutkan karena menyerupai otak manusia. Alhasil, tanaman ini diberi nama brain Celosia. 

Meski terlihat menakutkan, tanaman ini dikenal memiliki manfaat kesehatan dalam pengobatan tradisional. Dari sakit kepala, menghentikan pendarahan, sampai meredakan kram menstruasi.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Paling Mudah Dirawat, Cocok untuk Dekor Rumah

Verified Writer

IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya