TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tanaman Pengusir Tikus, Ampuh!

Agar rumah tetap bersih dan nyaman

pexels/Zé Maria

Intinya Sih...

  • Tikus terkenal berbau tidak sedap dan mengotori rumah, serta bisa menyebarkan penyakit pes dan leptospirosis.
  • Bawang putih, peppermint, lavender, rosemary, daffodil, bergamot, dan marigold merupakan tanaman yang efektif mengusir tikus dari rumah.
  • Cara efektif menggunakan tanaman tersebut adalah dengan menanam atau membuat cairan dari daun atau bunga tanaman tersebut.

Tikus terkenal sebagai hewan yang berbau tidak sedap dan suaranya yang mengganggu. Keberadaannya sering ditemukan diberbagai tempat, dari jalanan, selokan hingga dalam rumah.

Tikus yang berada di dalam rumah dapat merusak barang-barang dan mengotori rumah, selain itu hewan ini juga bisa menjadi agen penyebar penyakit. Tikus dapat menyebarkan penyakit pes, leptospirosis, serta penyakit berbahaya lainnya, sehingga sebaiknya kita mencegah tikus masuk ke rumah.

Hal lumrah yang sering dilakukan seseorang untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan lem tikus ataupun racun tikus.

Namun sebenarnya, ada cara lain yang ampuh untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya adalah menanam berbagai tanaman yang efektif untuk mengusir keberadaan tikus.

Nah. penasaran dengan tanaman pengusir tikus? Yuk! Simak artikel di bawah ini sampai habis.

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai Kaktus, Tanaman Gurun yang Unik!

1. Tanaman Bawang Putih

bawang putih (pexels.com/Nick Collins)

Tanaman pertama yang ampuh untuk mengusir ular adalah bawang, karena bawang putih mengandung beberapa senyawa belerang yang menghasilkan bau menyengat yang tidak disukai oleh tikus.

Hanya dengan membuat cairan dari serat bawang, lalu semprotkan dibeberapa sudut ruangan rumah. Selain itu, taruh beberapa siung bawang putih di area yang memungkinkan tikus melintasinya.

Menanamnya di rumah juga efektif, karena tanaman ini juga akan mengeluarkan bau yang menyengat.

Baca Juga: 5 Kekuatan Pelikan Putih Amerika, Tidak Kenal Lelah!

2. Tanaman Peppermint

ilustrasi daun peppermint (pexels.com/Nikolett Emmert)

Daun peppermint yang diyakini memiliki aroma sedap, membuat manusia merasakan sensai kesegarannya. Lain halnya dengan tikus, hewan ini sangat tidak menyukai aroma khas dari peppermint.

Selain menanam peppermint dipekarang rumah, membuat cairan dari peppermint yang disemprotkan ke tempat yang biasa dilewati tikus ampuh membuat mereka pergi.

3. Tanaman Lavender

bunga lavender (commons.wikimedia.org/Marc-Lautenbacher)

warna yang cantik dan aroma segar yang keluar dari tanaman lavender ternyata tidak disukai tikus, bahkan beberapa hewan lainnya seperti nyamuk.

Hanya perlu keringkan bunga lavender atau dengan menaruhnya dilemari dan laci, tikus tidak akan datang lagi.

Baca Juga: 5 Fakta Lavender, Ternyata Banyak Manfaat dan Aroma Menenangkan

4. Tanaman Rosemary

pexels/Zé Maria

Terkenal karena memiliki wangi yang khas dan dapat mengahrumkan beberapa makanan, salah satunya steak. Namun ternyata tanaman rosemary juga sangat bagus untuk mengusir tikus dari rumah.

Caranya hanya dengan tanam rosemary dipekarangan rumah, dan bila ingin efektif potong kecil rosemary jadi beberapa bagian.

5. Tanaman Daffodil

ilustrasi bunga daffodil (pexels.com/jmleczek)

Selain tanaman daffodil yang cerah dan menarik untuk ditanam, bunga ini ternyata dapat mengusir tikus di rumah. Tanaman ini mengeluarkan aroma yang dihasilkan oleh berbagai kombinasi beracun, terutama bagi tikus.

Hanya perlu menanam tanaman daffodil disekitar rumah untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

6. Tanaman Bergamot

Ilustrasi tanaman bergamot (dok. pixabay.com)

Bergamot adalah tumbuhan yang tergolong dari jeruk-jerukan, aroma khasnya ternyata mampu mengusir tikus. Komponen utama minyak bergamot seperti linalool, limonene, dan linalyl acetate dapat mengusir tikus rumah.

Selain menanamnya, membuat minyak dari serat bergamot juga jadi sarana efektif untuk mengusir hewan tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya