TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejarah Kunjungan Paus ke Indonesia, Pertama Kali Tahun 1970

Paus Yohanes Paulus II pernah ke Indonesia pada 1989

ilustrasi Paus (unsplash.com/Coronel Gonorrea)

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus akan kunjungi Indonesia pada 3-6 September 2024.
  • Ini menjadi kunjungan pertama Paus Fransiskus ke Indonesia dan Asia Pasifik.
  • Paus Fransiskus akan bawa pesan perdamaian, bertemu pejabat pemerintahan, dan hadiri pertemuan antaragama.

Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan Kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 3 hingga 6 September 2024. Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan pemimpin tertinggi umat katolik sedunia di kawasan Asia Pasifik. 

Kehadiran pemimpin tertinggi umat Katolik ini bukan hanya sebagai simbol persahabatan antara negara, tapi juga sebagai langkah penting untuk memperkuat dialog antaragama.

Paus Fransiskus ternyata bukan yang pertama kali datang ke Indonesia. Melansir laman Indonesia Baik, berikut jejak kunjungan Paus di Indonesia

Baca Juga: Jadwal Lengkap Kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia

1. Kunjungan Paus Paulus VI pada tahun 1970

Ilustrasi imam gereja (unsplash.com/Jomarc Nicolai Cala)

Paus Paulus VI menjadi paus pertama yang mengunjungi Indonesia. Kunjungan ini terjadi pada tahun 1970, ketika Paus Paulus VI bertemu dengan Presiden Soeharto. Meskipun hanya merupakan kunjungan singkat dan bukan kunjungan resmi kenegaraan, momen ini menjadi sangat bersejarah.

Kunjungan Paus Paulus VI membuka jalan bagi interaksi lebih lanjut antara Indonesia dan Takhta Suci Vatikan. Ini juga menandai awal dari hubungan diplomatik yang lebih kuat antara kedua negara.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Vatikan, Negara Terkecil di Dunia!

2. Kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989

Kunjungan berikutnya dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. Berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kali ini merupakan kunjungan resmi kenegaraan yang berlangsung selama seminggu penuh.

Paus Yohanes Paulus II melakukan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Yogyakarta, Maumere, dan Medan. Kunjungan ini sangat penting karena menjadi pertama kalinya seorang Paus melakukan tur keliling Indonesia.

Ini menunjukkan perhatian yang besar terhadap umat Katolik di negara ini serta mendukung dialog dan toleransi antaragama. Kunjungan ini juga memperkuat ikatan antara Indonesia dan Takhta Suci Vatikan. 

Baca Juga: Asteroid yang Ditabrak NASA Bisa sebabkan Hujan Meteor Buatan Manusia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya