TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengapa di Indonesia Tidak Ada Aurora? Ini Penjelasan Sains

Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa

ilustrasi aurora (unsplash.com/ Lightscape)

Intinya Sih...

  • Indonesia tidak memiliki aurora karena dilewati oleh garis khatulistiwa Bumi
  • Aurora terjadi di dekat Kutub Utara dan Selatan karena interaksi partikel matahari dengan medan magnet Bumi
  • Faktor utama yang menyebabkan aurora adalah intensitas angin Matahari, yang cenderung lebih rendah di wilayah tropis seperti Indonesia

Di antara keajaiban alam yang luar biasa di langit, aurora sering kali menarik perhatian kita. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati keindahan spektakuler aurora yang jauh di langit daerah kutub.

Aurora, baik aurora borealis di Kutub Utara maupun aurora australis di Kutub Selatan, terjadi karena interaksi yang kompleks. Ini melibatkan angin matahari yang bermuatan tinggi dan medan magnet Bumi. Lantas, kenapa di Indonesia tidak ada aurora? Simak penjelasannya di sini. 

Lokasi geografis Indonesia yang tidak memungkinkan

ilustrasi pantai (pixabay.com/Julius_Silver)

Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa Bumi. Fenomena aurora umumnya terlihat di dekat Kutub Utara (aurora borealis) dan Kutub Selatan (aurora australis) karena interaksi partikel bermuatan tinggi dari angin Matahari dengan medan magnet Bumi.

Daerah yang dekat dengan kutub memiliki medan magnet yang memungkinkan partikel ini masuk ke atmosfer secara lebih langsung. Hal ini menghasilkan cahaya aurora yang memukau.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya