TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ilmuwan Temukan Fosil Kura-Kura Laut Sebesar Kuda Nil

Jadi temuan kura-kura laut yang terbesar di Eropa

ilustrasi fosil (unsplash.com/Yena Kwon)

Penyu adalah kura-kura laut yang bisa ditemukan di semua samudra dunia. Binatang laut ini memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Umumnya, penyu memiliki panjang cangkang 83 sampai 114 cm. 

Akan tetapi, tim ahli paleontologi bersama dengan Autonomous University of Barcelona menemukan fosil kura-kura laut yang memiliki ukuran seperti kuda nil. Hewan yang telah punah ini diperkirakan berumur lebih dari 72 tahun. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports

1. Panjang cangkang bisa mencapai 3,74 meter

ilustrasi penyu (unsplash.com/Anna Wangler)

Fosil yang ditemukan oleh para peneliti menunjukkan bahwa panjang hewan ini bisa mencapai 3,74 meter. Angka tersebut setara dengan ukuran kuda nil, dan membuatnya menjadi salah satu kura-kura laut terbesar yang pernah ditemukan.

Penyu ini diberi nama Leviathanochelys aenigmatica. Pemberian nama ini merujuk pada monster laut mitologi yang berukuran besar, yaitu Leviathan. Ukuran tubuh yang besar dari penyu ini diperkirakan adalah hasil respons terhadap kondisi habitat yang unik di laut kepulauan Cretaceous Eropa.

Baca Juga: 10 Artefak Misterius, Menimbulkan Banyak Pertanyaan 

2. Masuk ke dalam takson baru

ilustrasi fosil (unsplash.com/Wes Warren)

Fosil kura-kura laut ini digali secara bertahap antara 2016 dan 2021 di daerah Timur Laut Spanyol. Peneliti menemukan panggul yang hampir lengkap dan bagian beberapa bagian cangkang atas.

Menurut rilis dari Scientific Reports, spesimen ini memiliki tulang yang menonjol ke depan dari bagian depan panggul. Fitur tubuh ini berbeda kura-kura laut lainnya, dan menjadikan Leviathanochelys masuk ke dalam takson baru untuk kura-kura laut purba.

Baca Juga: Peneliti Temukan Fosil Jantung Berusia 380 Tahun

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya