TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Equinox September 2024, Kapan dan Dampaknya pada Bumi

Terjadi dua kali dalam setahun

Ilustrasi matahari terbenam (pixabay.com/kordi_vahle)

Intinya Sih...

  • Equinox terjadi dua kali setiap tahun, yaitu pada bulan Maret dan September.
  • Matahari akan bersinar tepat di garis khatulistiwa dan jumlah siang dan malam hampir sama di seluruh dunia.
  • Fenomena equinox tidak hanya berdampak pada perubahan durasi siang dan malam, tetapi juga mempengaruhi kondisi cuaca dan suhu serta merayakan perubahan musim atau siklus alam.

Pada bulan September 2024, dunia akan mengalami salah satu fenomena astronomi yang menarik, yaitu equinox. Fenomena ini terjadi ketika matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Ini membuat siang dan malam memiliki durasi yang hampir sama di seluruh bagian dunia.

Equinox merupakan peristiwa rutin yang terjadi dua kali dalam setahun dan selalu menarik perhatian para ahli maupun masyarakat umum. 

Kapan equinox terjadi?

ilustrasi sinar matahari (pexels.com/Khanh Le)

Equinox terjadi dua kali setiap tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Menurut keterangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), equinox tahun ini akan terjadi pada 22 September.  

"Matahari akan bersinar tepat di garis khatulistiwa dan jumlah siang dan malam hampir sama di seluruh dunia." tulis BRIN. 

Saat fenomena ini terjadi, matahari akan tampak terbit di titik timur yang sempurna dan terbenam tepat di barat.

Fenomena ini menandai peralihan musim, dengan equinox Maret menandai awal musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan, sementara equinox September menandai kebalikannya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya