TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Gooseneck Barnacle, Seafood yang Bernilai Tinggi

Kenapa bisa mahal, ya?

gooseneck barnacle (eol.org/California Academy of Science)

Nama hewan laut gooseneck barnacle memang masih terasa asing di telinga, terutama bagi masyarakat Indonesia. Sebab, negara Indonesia bukan merupakan habitat tempat tinggal gooseneck barnacle.

Usut punya usut ternyata, gooseneck barnacle disebut sebagai seafood yang bernilah tinggi, lho. Mengapa bisa begitu? Berikut lima fakta gooseneck barnacle yang menarik untuk diketahui.

1. Deskripsi mengenai gooseneck barnacle

gooseneck barnacle (floridamuseum.ufl.edu/Amanda Bemis)

Dilansir Centralcoastbiodivesity, gooseneck barnacle memiliki bentuk seperti lengan atau leher berwarna gelap yang mampu tumbuh memanjang hingga 15 cm. Bagian tubuh ini disebut dengan peduncle.

Di bagian ujungnya, terdapat bagian tubuh seperti cakar pipih berwarna putih yang disebut sebagai plates. Plates ini terdiri dari lima bagian besar dan bagian kecil yang berjumlah banyak.

Baca Juga: 7 Hewan Laut Dalam Terindah Karena Keunikannya

2. Habitat gooseneck barnacle 

gooseneck barnacle (fishbio.com)

Gooseneck barnacle hidup menempel di bebatuan yang berada di tepi pantai hingga di kedalaman laut 30 meter. Peta persebaran habitat gooseneck barnacle ini mulai dari garis pantai benua Australia, negara Inggris, Meksiko, Spanyol, maupun Amerika, seperti dilansir Wildlifetrusts.

Selain itu, kadang gooseneck barnacle bisa ditemukan hidup sebagai parasit di tubuh hewan lain. Sebut saja, seperti paus atau penyu.

3. Status konservasi gooseneck barnacle

gooseneck barnacle (australian.museum)

Dilansir Animalbiodiversity, status konservasi gooseneck barnacle saat ini adalah tidak terancam. Artinya, jumlah dari gooseneck barnacle ini masih sangat banyak, terutama di pantai yang mengelilingi Samudera Pasifik.

Namun, apabila gooseneck barnacle terus dikonsumsi oleh manusia tanpa diimbangi dengan pelestariannya, lama-kelamaan jumlah bisa berkurang drastis. Jadi, bijak-bijaklah dalam mengonsumsinya, ya.

4. Cara gooseneck barnacle bereproduksi

ilustrasi gooseneck barnacle (californiatidepools.com)

Gooseneck barnacle merupakan hewan hermaprodit, yakni memiliki dua jenis kelamin (jantan dan betina) dalam satu tubuh. Kelamin betinanya akan mengeluarkan telur terlebih dahulu dan memberikan penanda pada kelamin jantan dengan feromon. Lalu, kelamin jantan akan mengeluarkan sperma untuk membuahi telur-telur tersebut.

Walaupun termasuk hewan hermaprodit, gooseneck barnacle tidak akan melakukan reproduksi dengan dua kelamin pada diri sendiri, kecuali bila disekitarnya tidak ada gooseneck barnacle lain dalam jarak dekat. Hal ini dilakukan untuk membuat variasi gooseneck barnacle tetap terjaga, seperi dilansir Animalbiodiversity.

Baca Juga: 5 Hewan Langka yang Hanya Bisa Ditemukan di Afrika, Istimewa!

Writer

Reti Anisa

Penulis pemula yang ingin terus berkembang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya