TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Beetle Daisy, Bunga yang Melakukan Mimikri Mirip Lalat

Spesies asli dari Afrika Selatan

Beetle daisy (commons.wikimedia.org/yakovlev.alexey)

Definisi mimikri menurut BioEd Online adalah kemampuan suatu organisme untuk meniru karakteristik seluruh tubuh atau bagian tubuh organisme lain. Fenomena ini bisa dijumpai pada hewan maupun tumbuhan.

Salah satu tumbuhan yang melakukan mimikri adalah beetle daisy. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Gorteria diffusa ini punya ciri unik di bunganya yang membuatnya terlihat seperti ada lalat hinggap. Nah, berikut ini fakta-fakta tentang beetle daisy

1. Klasifikasi

Beetle daisy (twitter.com/Hiro_SUDO)

Menurut database yang dimuat di iNaturalist, Gorteria diffusa adalah spesies tumbuhan berbunga yang satu kelompok di tingkat famili dengan bunga daisy dan aster yaitu famili Asteraceae. Berdasarkan data Plants of the World Online, dari famili Asteraceae ada genus Gorteria yang terdiri dari 7 spesies tumbuhan dan salah satunya adalah Gorteria diffusa atau beetle daisy.

2. Wujud tumbuhan beetle daisy

Beetle daisy (commons.wikimedia.org/yakovlev.alexey)

Dikutip dari jurnal Willdenowia, Gorteria diffusa awalnya tumbuh tegak tetapi kemudian menjadi tumbuhan merayap dan semakin lama berubah serupa tumbuhan semak belukar. Bunga beetle daisy berukuran kecil dengan diameter 2 sampai 5,5 cm. Daun mahkota bunganya bisa berjumlah kurang dari 10 sampai belasan buah. Warna mahkota bunga Gorteria diffusa ini bervariasi dari putih, kuning hingga oranye dan bagian pangkal abu-abu, oranye, sampai coklat tua.

3. Distribusi

Beetle daisy (commons.wikimedia.org/Marco Schmidt)

Peneliti dari Stockholm University menyatakan dalam publikasi ilmiahnya di jurnal Willdenowia bahwa beetle daisy adalah tumbuhan endemik Afrika Selatan. Lokasi tepatnya yaitu di wilayah antara Sungai Orange yang berbatasan dengan Namibia di bagian utara hingga Clanwilliam, Western Cape di bagian selatan. Daerah tersebut memiliki hujan yang sejuk pada musim dingin dan musim panas yang kering.

4. Variasi

Berbagai variasi beetle daisy (twitter.com/SyngentaOCUK)

Melansir BBC EarthGorteria diffusa adalah spesies bunga paling bervariasi di dunia. Tumbuhan ini punya banyak subspesies dengan tampilan mahkota, jumlah daun mahkota, dan warna yang berbeda-beda. Bercak gelap pada setiap subspesies juga beragam bentuk dan warnanya.

Baca Juga: Fakta Menarik Bunga Alyssum, Bunga Kecil yang Manis

Verified Writer

Rasyi Fauzia

Living my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya