TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Linhenykus, Dinosaurus yang Hanya Punya Satu Jari 

Fosilnya ditemukan di Tiongkok

Linhenykus (commons.wikimedia.org/Nobu Tamura)

Daratan Asia merupakan salah satu lokasi dinosaurus hidup dan tersebar berjuta-juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila banyak fosil dinosaurus yang ditemukan di daratan Asia. Sebagai contohnya adalah fosil dinosaurus bernama Linhenykus.

Fosil Linhenykus ditemukan di Mongolia Dalam (Tiongkok) dan diperkirakan bahwa makhluk purba ini hidup pada periode Cretaceous. Penampilannya sekilas mirip dengan burung unta. Makhluk purba ini memiliki badan besar yang ditopang dengan dua kaki panjang dan kuat.

Selain memiliki kemiripan dengan burung unta, dinosaurus satu ini juga memiliki keunikan lain yang tidak kalah menarik. Simak fakta menarik Linhenykus berikut ini.

1. Hidup sekitar 72 juta tahun yang lalu

Linhenykus (commons.wikimedia.org/Julius T. Csotonyi)

Linhenykus merupakan salah satu jenis dinosaurus yang diketahui hidup di Zaman Kapur atau Cretaceous Period. Sebagai informasi, Zaman Kapur berlangsung antara 145 hingga 66 juta tahun yang lalu dan terbagi menjadi beberapa stage yang berbeda-beda. Linhenykus sendiri diperkirakan hidup pada Campanian Stage yang berlangsung pada sekitar 83 hingga 72 juta tahun yang lalu, dilansir The Dinosaur Database.

Baca Juga: 7 Hewan yang Punya Julukan Sebagai Living Fossil, Apa Saja?

2. Merupakan dinosaurus berbadan kecil

Linhenykus (commons.wikimedia.org)

Jika kamu berpikir bahwa semua dinosaurus memiliki tubuh yang tinggi dan besar, pemikiran tersebut cukup meleset dari kenyataan yang ada. Beberapa spesies dinosaurus diketahui memiliki ukuran yang kecil, bahkan tidak berbeda dengan beberapa spesies hewan modern yang ada di masa kini. Linhenykus juga termasuk salah satu spesies dalam daftar dinosaurus berukuruan kecil tersebut.

Dilansir Dinosaurs, makhluk purba satu ini memiliki ukuran tubuh yang kecil. Ukuran tubuhnya hanya beberapa meter dengan tulang paha yang hanya berukuran tujuh cm.

3. Tergabung dalam grup bernama alvarezsaurus

Linhenykus (commons.wikimedia.org/Nobu Tamura)

Alvarezsaurus atau alvarezsauroid merupakan grup dinosaurus dengan tungkai depan yang pendek dengan masing-masing memiliki satu jari berukuran sangat besar. Alvarezsaurus pada umumnya juga memiliki jari-jari lain. Namun, ukurannya sangat kecil dibandingkan dengan satu jari utama yang berukuran besar.

4. Hanya memiliki satu jari saja

Linhenykus (commons.wikimedia.org/Julius T. Csotonyi)

Seperti kawan segrupnya, Linhenykus juga memiliki satu jari yang berukuran besar dan mencolok. Akan tetapi, berbeda dengan anggota grup alvarezsaurus lainnya, Linhenykus hanya memiliki satu jari saja di masing-masing tangan kecilnya. Hal ini pun menjadikan Linhenykus sebagai dinosaurus berjari satu pertama yang ditemukan.

Menariknya, ketiadaan jari lain di Linhenykus ini bukanlah hasil dari revolusi panjang dinosaurus di grup alvarezsaurus. Spesies makhluk purba ini bahkan berada lebih dekat dari dasar pohon keluarga dibandingkan dinosaurus lain di grup alvarezsaurus dengan jari lebih dari satu. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa ketiadaan jari-jari kecil lain pad Linhenykus merupakan spesialisasi khusus yang hanya terjadi pada spesies ini.

Verified Writer

Ralda Maya Runita

The beauty and the science

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya