TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Hewan Ini Punya Sebutan Ilmiah yang Sama dengan Namanya Sendiri

Nama ilmiah mereka jadi lebih mudah diingat

africansky.com

Setiap spesies hewan di dunia ini memiliki nama latin alias nama ilmiahnya masing-masing. Kebanyakan nama ilmiah hewan menggunakan kata-kata bahasa latin maupun bahasa-bahasa lain. Sehingga biasanya kita menganggap nama ilmiah hewan sebagai sesuatu yang rumit.

Tapi tahukah kamu bahwa ada hewan-hewan yang nama ilmiahnya gampang dihapalkan? Ya, beberapa hewan punya nama ilmiah yang pasti gampang kamu ingat karena nama ilmiahnya sama dengan nama hewan itu sendiri! Ini dia sepuluh contoh hewan yang seperti itu.

1. Pertama ada gorila barat, salah satu spesies gorila yang nama latinnya adalah gorila gorila 

britannica.com

Selain gorila barat, ada pula spesies gorila timur (Gorilla beringei) yang berukuran lebih besar. Dilansir World Wildlife, kedua spesies hidup di kawasan Afrika Tengah. Kedua spesies sama-sama memiliki subspesies yang hidup di dataran rendah dan pegunungan, dan nama latin dari subspesies gorila barat dataran rendah sangat unik, yaitu Gorilla gorilla gorilla.

2. Sementara primata yang satu ini memiliki nama unik yaitu indri, sama dengan nama ilmiahnya yaitu Indri indri 

mongabay.com

Indri adalah salah satu spesies lemur, dan laman Animal Diversity menyebut bahwa mereka adalah spesies lemur terbesar. Ukuran panjangnya mencapai 90 cm dan berat 10 kg. Seperti semua spesies lemur, indri merupakan satwa endemik Madagaskar.

3. Hewan keluarga kucing yang satu ini bernama lynx eurasia, dan nama ilmiah mereka adalah Lynx lynx 

aboutanimals.com

Lynx memiliki 4 spesies, dan lynx eurasia adalah yang terbesar dengan panjang hingga 1,3 meter dan berat 36 kg. Hewan ini hidup di kawasan pegunungan yang dingin, maka mereka diperlengkapi dengan rambut yang tebal. Mereka juga memiliki kaki panjang yang berguna untuk membantunya berjalan di timbunan salju yang tinggi.

4. Caracal adalah hewan keluarga kucing berukuran sedang yang memiliki ciri khas berupa rambut di telinganya yang mencuat ke atas  

bigcatrescue.org

Bernama latin Caracal caracal, laman National Geographic menyebut bahwa hewan ini berukuran panjang sekitar 1 meter dan berat hingga 18 kg. Mereka menghuni kawasan sabana, gurun pasir, serta hutan di Afrika dan Timur Tengah.

Baca Juga: 16 Fakta Hewan Ini Akan Membuatmu Merasa Terharu atau Bahkan Sedih

5. Apakah kamu tahu vikuna? Vikuna adalah sejenis hewan kerabat llama dan alpaca yang hidup di Pegunungan Andes 

biologydictionary.net

Vikuna (Vicugna vicugna) tergabung dalam keluarga unta alias famili Camelidae, dan mereka adalah spesies terkecil dalam famili tersebut. Panjang mereka hanya mencapai 1,9 meter dan berat 65 kg. Hidup di pegunungan dengan ketinggian hingga 5.700 meter di atas permukaan laut, vikuna bisa berlari kencang dengan kecepatan hingga 47 km/jam.

6. Hewan pengerat yang imut ini bernama chincilla, dan nama latin mereka sama dengan nama aslinya yaitu Chincilla chincilla 

sandiegozoo.org

Chincilla masih berkerabat dekat dengan guinea pig dan landak. Menurut San Diego Zoo, chincilla berukuran panjang hingga 24 cm dan berat 900 gram. Mereka hidup di Pegunungan Andes, dan meski tampak gendut, mereka sebenarnya lincah dan jago melompat!

7. Burung jakana berpial memiliki nama latin Jacana jacana, dan mereka punya ciri khas berupa pial merah di kepalanya 

cornell.edu

Jakana juga unik karena memiliki kaki dan jari-jari kaki yang sangat panjang, sehingga bisa mereka gunakan untuk berjalan di atas tanaman air. Makanan mereka adalah serangga serta hewan invertebrata lain yang mereka temukan di air.

8. Quelea berparuh merah (Quelea quelea) adalah salah satu spesies burung quelea yang sering dianggap sebagai hama 

earthtouchnews.com

Dilansir Britannica, penyebabnya adalah burung ini berkumpul dalam kelompok yang berjumlah sangat banyak sehingga kerap menghancurkan tanaman pertanian. Pengendalian populasi pun berusaha dilakukan dengan racun, bibit penyakit, dan yang paling efektif adalah dengan bom. Waduh!

9. Ada banyak spesies iguana, namun iguana hijau memiliki nama ilmiah yang unik karena sama dengan nama mereka sendiri 

worldatlas.com

Ya, nama latin iguana hijau adalah Iguana iguana. Hewan ini berasal dari Amerika, sehingga mereka kerap dipanggil iguana amerika, atau iguana saja. Dilansir National Geographic, iguana hijau bisa mencapai ukuran cukup besar yaitu 2 meter. Tapi mereka adalah salah satu reptil favorit untuk dipelihara di Amerika Serikat.

Baca Juga: Unik dan Mudah Dilafalkan, 9 Nama-nama Hewan dalam Bahasa Ocu

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya