TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hewan dengan Kepala Berbentuk Seperti Palu, dari Hiu Hingga Lalat

Kenapa ya bentuk kepala mereka seperti itu?

nydailynews.com

Banyak hewan di dunia ini memiliki penampilan yang unik dan tak biasa. Beberapa punya keunikan dalam bentuk bagian-bagian tubuhnya, misalnya pada kepala. Nah, kali ini kita akan melihat lima hewan yang kepalanya sangat unik, yaitu berbentuk seperti martil atau palu.

Selain hiu martil yang terkenal, hewan apa saja ya kira-kira yang memiliki bentuk kepala serupa? Ini dia kelima hewan tersebut.

1. Hiu martil 

oceanographicmagazine.com

Yang pertama tentu ada hiu martil, jenis hiu yang sangat terkenal karena kepalanya berbentuk seperti martil. Hiu martil tergabung dalam famili Sphyrnidae dan terdiri dari 10 spesies, seperti dilansir Britannica. Mereka tersebar di lautan tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Ukuran hiu martil beragam, mulai dari spesies Sphyrna corona yang hanya sepanjang 90 cm hingga hingga hiu martil besar (Sphyrna mokarran) yang bisa tumbuh hingga 6,1 meter. Namun semuanya memiliki ciri khas berupa kepala berbentuk martil yang ternyata memiliki beberapa manfaat buat mereka.

Pertama, kepala pipih dan berbentuk martil membuat hiu ini bisa berbelok dengan lebih tajam, sehingga bisa bermanuver lebih lincah untuk menangkap mangsa. Kedua, mata mereka yang terpisah jauh di kedua sisi memungkinkan mereka melihat dengan sudut pandang yang lebih luas.

Tak hanya mata, lubang hidung hiu martil juga terpisah, dan itu memudahkan mereka untuk mendeteksi lokasi mangsanya dengan lebih akurat. Terakhir, kepala mereka juga bisa digunakan untuk menghantam mangsa sebelum menggigitnya. Banyak ya manfaatnya!

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Otak Hewan, Gak Semua Hewan Punya

2. Cacing kepala martil 

thoughtco.com

Cacing kepala martil memiliki bentuk kepala yang mirip hiu martil, yaitu pipih dan melebar. Cacing ini sendiri adalah jenis cacing planaria yang hidup di darat dan tergabung dalam genus Bipalium. Mereka juga unik karena bisa berwarna cerah seperti gambar di atas.

Dilansir Thought Co, cacing ini merupakan hewan predator yang beracun. Makanan mereka adalah cacing tanah dan bahkan spesiesnya sendiri. Mereka tersebar di seluas dunia, dan habitatnya adalah kawasan lembap dan hangat. Cacing ini memiliki beberapa spesies, dan ukuran mereka berkisar 5 hingga 20 cm.

3. Lalat kepala martil 

naturecloseups.com

Bahkan lalat pun ada yang kepalanya berbentuk martil, lho. Mereka tergabung dalam famili Diopsidae yang terdiri dari banyak spesies dengan ciri khas dua mata yang terpisah di masing-masing ujung 'batang' kepalanya. Karena itu, lalat ini sebenarnya lebih populer dengan nama lalat bermata batang, namun mereka juga kadang disebut lalat kepala martil.

Dilansir Britannica, posisi mata lalat ini menguntungkan karena mereka bisa melihat dengan sudut pandang lebih luas. Namun ada kerugiannya juga, karena bentuk kepalanya itu sedikit menghambat mereka saat terbang. Lalat ini memiliki persebaran di Asia, Eropa, dan Afrika.

4. Burung hamerkop 

animalcorner.org

Burung hamerkop (Scopus umbretta) juga memiliki bentuk kepala seperti palu. Namun berbeda dari ketiga hewan di atas, bentuk kepala burung ini tampak seperti palu jika dilihat dari samping, bukan dari atas. Saking uniknya, burung hamerkop adalah satu-satunya burung yang tergabung dalam genus Scopus dan famili Scopidae.

Menurut Animal Corner, hamerkop memiliki persebaran di Afrika dan Madagaskar. Mereka berukuran panjang hingga 56 cm, bentang sayap 94 cm, dan berat 430 gram. Mereka masih berkerabat dengan burung pelikan, sehingga memiliki karakteristik yang mirip yaitu hidup di dekat air serta merupakan pemakan hewan air.

Baca Juga: 5 Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain, Bikin Terkecoh!

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya