TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Giant Anteater, Mamalia Raksasa Pemakan Hewan Kecil

Mereka punya lidah yang sangat panjang!

houstonzoo.org

Apakah kamu mengenal hewan pada gambar di atas? Hewan berpenampilan unik ini bernama giant anteater alias pemakan semut raksasa. Nama latinnya Myrmecophaga tridactyla, dan mereka kadang disebut juga beruang semut.

Mau tahu lebih lanjut soal mamalia unik bertubuh besar ini? Yuk, berkenalan dengan mereka melalui lima fakta berikut.

1. Merupakan hewan pemakan semut terbesar 

potterparkzoo.org

Giant anteater adalah salah satu dari 4 spesies hewan pemakan semut yang tergabung dalam subordo Vermilingua. Keempat hewan tersebut adalah tamandua utara (Tamandua mexicana), tamandua selatan (Tamandua tetradactyla), anteater kerdil (Cyclopes didactylus), serta giant anteater sendiri.

Sesuai namanya, giant anteater adalah spesies terbesar dari keempat hewan tersebut. Laman Smithsonian menyebut bahwa panjang mereka bisa mencapai 2,4 meter, sementara bobotnya 55 kg. Mereka biasa berjalan dengan kecepatan lambat, tapi juga mampu berlari dengan kecepatan mencapai 48 km/jam.

Baca Juga: 12 Mamalia Darat Terbesar di Indonesia, Sebagian Besar Herbivor

2. Memiliki beberapa fitur yang unik 

si.edu

Meski namanya adalah anteater, hewan ini sebenarnya juga makan serangga lain, misalnya rayap. Sebagai pemakan serangga, giant anteater diperlengkapi beberapa ciri fisik khusus. Pertama tentu adalah moncong yang langsing serta lidah yang panjang tipis. Panjang lidah mereka bisa mencapai 60 cm, lho!

Lidahnya itu juga lengket sehingga bisa menangkap serangga langsung dari sarangnya dengan mudah. Dalam sehari, giant anteater bisa makan hingga 35 ribu ekor serangga. Saat makan, biasanya semut akan balik menggigit mereka, tapi itu tak masalah karena giant anteater memiliki kulit yang tebal serta rambut yang lebat.

Untuk menggali sarang serangga, giant anteater juga diperlengkapi dengan cakar sepanjang 10 cm yang kuat di kaki depannya. Penglihatan mereka buruk, tapi mereka memiliki penciuman yang sangat baik untuk menemukan sarang serangga makanannya.

3. Hidup menyendiri dan merupakan ibu yang baik 

abc13.com

Giant anteater adalah hewan yang hidup menyendiri. Mereka hidup dalam teritori yang luasnya mencapai 9.000 hektar, seperti dilansir Animal Diversity. Saat bertemu dengan sesamanya, mereka biasanya saling menghindar dan tidak berinteraksi. Satu-satunya interaksi yang terjadi adalah ketika mencari pasangan.

Karena hidup menyendiri, induk giant anteater pun merawat bayinya sendiri. Mereka terbilang sebagai induk yang baik, lho, karena induk giant anteater akan menggendong bayinya di punggungnya kemana-mana sampai kira-kira berusia 6 bulan. Menurut laman Discover Wildlife, giant anteater biasanya hanya melahirkan satu bayi setiap tahun.

4. Merupakan hewan yang lembut, tapi mampu mempertahankan dirinya dari predator  

gbzoo.com

Giant anteater hidup di Amerika Tengah dan Selatan, di habitat yang berupa hutan dan padang rumput. Hewan ini secara umum adalah hewan yang lembut, tapi mereka bisa menjadi agresif jika terancam. Menggunakan cakar depannya yang tajam dan kuat, mereka gak segan untuk melawan jika diserang oleh hewan predator seperti puma dan jaguar.

Baca Juga: Menakjubkan! 10 Mamalia Darat Terbesar di Amerika Utara

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya