TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Fakta Pink Moon, Bulan Purnama yang Muncul pada 24 April 2024

Apakah Bulan akan tampak berwarna merah muda?

ilustrasi pink moon (unsplash.com/uomo libero)

Pada hari Rabu, 24 April 2024, akan terjadi bulan purnama. Pada umumnya, seluruh permukaan Bulan akan tampak bersinar ketika memasuki fase tersebut. Jika dilihat dari Bumi, ia bakal terlihat bulat sempurna dengan cahayanya yang terang.

Menariknya lagi, bulan purnama yang akan muncul pada April ini memiliki julukan pink moon atau bulan merah muda. Berdasarkan jadwal fenomena langit yang dirilis oleh Time and Datepink moon ini bakal terbit pada Rabu pagi, tepatnya pukul 06:48 WIB. Lalu, apakah itu artinya Bulan akan tampak berwarna merah muda saat mencapai fase purnama? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai pink moon yang bakal terjadi pada 24 April 2024 berikut ini!

1. Nama pink moon terinspirasi dari bunga berwarna merah muda yang mekar di musim semi

ilustrasi bulan purnama (unsplash.com/loubulinka)

Istilah "pink moon" sebenarnya terinspirasi dari bunga berwarna merah muda yang mekar di musim semi. Mengutip dari Almanac, ini lantaran fase bulan purnama pada bulan April sering kali bertepatan dengan mekarnya bunga liar tertentu yang berasal dari Amerika Utara bagian timur di awal musim semi.

Selain pink moon, bulan purnama di bulan April ini juga memiliki sejumlah sebutan lain di sejumlah negara. Sebagai contoh, pink moon disebut sebagai budding moon, new shoots moon, seed moon, dan growing moon oleh bangsa Celtic di Eropa. Lain lagi dengan orang-orang Anglo-Saxon yang menyebutnya dengan istilah "egg moon" karena berkaitan dengan Hari Paskah.

Baca Juga: 3 Fenomena Langit April 2024, Ada Gerhana Matahari Total

2. Warna Bulan akan tetap normal, tidak berubah menjadi pink

ilustrasi bulan purnama (pexels.com/Samer Daboul)

Meskipun dinamai pink moon, warna Bulan tidak akan berubah menjadi pink atau merah muda sesuai namanya. Istilah "pink moon"  hanyalah sebuah nama atau sebutan yang merujuk pada bulan purnama di bulan April. Jadi, ketika pink moon terjadi, warna Bulan akan tetap normal seperti bulan purnama pada umumnya.

Tak hanya di bulan April, penamaan khusus bulan purnama juga berlaku pada bulan-bulan lain. Sebagaimana yang akan terjadi pada Mei 2024, bulan purnamanya disebut dengan istilah "flower moon" yang berarti bulan bunga. Dilansir Royal Museums Greenwich, berikut daftar nama bulan purnama pada setiap bulan:

  • Januari: wolf moon
  • Februari: snow moon 
  • Maret: worm moon
  • April: pink moon
  • Mei: flower moon
  • Juni: strawberry moon
  • Juli: buck moon
  • Agustus: sturgeon moon
  • September: full corn moon
  • October: hunter moon
  • November: beaver moon
  • December: cold moon

Verified Writer

Mutiara Ananda

From the sea who love everything in the sky.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya