TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Fakta Hujan Meteor Epsilon Perseid, Puncaknya 9 September 2024

Hujan meteor ini diamati dengan mata telanjang

ilustrasi hujan meteor (freepik.com/rawpixel.com)

Hujan meteor menjadi salah satu peristiwa astronomi yang paling dinanti-nantikan setiap bulannya. Kilatan cahaya menakjubkan yang dihasilkan oleh fenomena yang sering disebut "bintang jatuh" ini menjadi daya tarik yang memesona mata pengamat. Tak jarang, hujan meteor dijadikan objek fotografi oleh para fotografer amatir hingga profesional.

Kebetulan, pada September 2024 ini, ada fenomena langit yang tak kalah unik dibandingkan bulan-bulan lainnya, yaitu hujan meteor Epsilon Perseid. Mengutip dari Starwalk, hujan meteor ini bakal mencapai puncaknya pada 9 September 2024. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak fakta-fakta hujan meteor Epsilon Perseid berikut ini!

1. Berasal dari komet yang misterius

ilustrasi hujan meteor dan komet di luar angkasa. (freepik.com/rawpixel.com)

Sekilas, kamu mungkin bingung dengan hujan meteor Epsilon Perseid yang namanya sama persis seperti hujan meteor Perseid yang terjadi pada bulan Agustus. Dilansir Starwalk, hujan meteor Epsilon Perseid jelas berbeda dengan Perseid. Salah satu perbedaan keduanya terletak pada komet atau induk masing-masing.

Hujan meteor Perseid yang terjadi pada bulan Agustus berasal dari komet 109P/Swift-Tuttle. Sementara, hujan meteor Epsilon Perseid berasal dari komet periode panjang yang tidak diketahui namanya. Komet periode panjang merupakan komet yang membutuhkan waktu lebih dari 200 tahun untuk menyelesaikan satu kali orbitnya. Komet ini diperkirakan berasal dari Awan Oort yang hampir berbentuk bola dan berada sangat jauh di tata surya.

Baca Juga: Asteroid yang Ditabrak NASA Bisa sebabkan Hujan Meteor Buatan Manusia

2. Aktif dari tanggal 5 hingga 21 September, tapi puncaknya terjadi pada 9 September 2024

ilustrasi hujan meteor (pexels.com/Frank Cone)

Hujan meteor Epsilon Perseid aktif pada tanggal 5—21 September setiap tahunnya. Puncaknya diperkirakan terjadi pada tanggal 9 September 2024. Waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor ini yakni pada tengah malam. 

Epsilon Perseid akan muncul dari arah konstelasi Perseus. Ketika mencapai puncaknya, hujan meteor tersebut bakal memproduksi sekitar 5—8 meteor per jam. Itu artinya, Epsilon Perseid merupakan hujan meteor minor (kecil). Berbeda dengan hujan meteor Perseid yang mampu menghasilkan hingga 100 meteor per jamnya.

Verified Writer

Mutiara Ananda

From the sea who love everything in the sky.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya