TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Mentok Rimba, Bebek Pemalu yang Tidak Pemilih Makanan

Termasuk sebagai salah satu spesies bebek terbesar yang ada

Mentok rimba (commons.m.wikimedia.org/Christian Luttenberg)

Mentok rimba atau white-winged duck juga dikenal sebagai white-winged wood duck. Mereka berada dalam famili Anatidae dan memiliki nama ilmiah Asarcornis scutulata. Panjang tubuhnya mencapai 66--81 sentimeter, beratnya 2--4 kilogram dan lebar kepakan sayapnya kisaran 1,1--1,5 meter. Mentok rimba termasuk sebagai salah satu spesies bebek terbesar yang ada.

Bulunya berwarna hitam, tapi kepalanya putih dan terdapat bintik hitam pekat di sana. Ada juga bercak putih yang mencolok di sayapnya dan matanya berwarna oranye atau merah. Jantan dan betina terlihat sama, tapi bulu jantan lebih berkilau serta ukurannya lebih besar. Mentok rimba dikenal memiliki daging berkualitas tinggi, lho. Yuk, kenalan melalui fakta berikut ini.

1. Wilayah penyebaran mentok rimba

Mentok rimba (commons.m.wikimedia.org/Mitali Baruah)

Jangkauan mentok rimba dulunya sangat luas, berada di bagian timur laut India, Bangladesh, Asia Tenggara seperti Kamboja, Jawa dan Sumatra di Indonesia. Tapi, saat ini mereka telah punah di Jawa. Mentok rimba di bagian timur laut India, populasi utamanya berada di bagian timur Assam dan daerah sekitar Arunachal Pradesh.

Animalia menginformasikan bahwa mereka juga berada di kawasan lindung di Suaka Margasatwa Dihing-Patkai, Taman Nasional Dibru-Saikhowa, Taman Nasional Namdapha dan Taman Nasional Nameri. Habitat yang dihuninya berupa hutan tropis lebat yang selalu hijau dan biasanya berkeliaran di sekitar rawa dan sungai.

Baca Juga: Fakta Alap-alap Capung, Bersarang di Rongga yang Ditinggalkan Pelatuk

2. Omnivora yang tidak pemilih makanan

Mentok rimba (commons.m.wikimedia.org/Ken Bellington)

Berdasarkan informasi dari WWF India, mentok rimba adalah hewan krepuskular, lebih aktif saat fajar dan petang. Bebek dewasa adalah omnivora, menu makannya sangat beragam. Mereka memangsa serangga air, krustasea, moluska, katak, ular dan ikan. Untuk melengkapi dietnya, mentok rimba juga mengonsumsi tumbuhan, biji-bijian liar dan tanaman yang dibudidaya.

3. Hidup dalam kelompok

Mentok rimba (commons.m.wikimedia.org/Nejib Ahmed)

Sebenarnya, mentok rimba tidak mudah untuk ditemukan di alam liar. Mengapa? Karena mereka lebih suka bersembunyi di antara pepohonan. Spesies ini sering terlihat berpasangan atau kelompok yang terdiri dari 4–6 individu, tapi terkadang bisa lebih dari 10 bebek. Mentok rimba suka area teduh dan hampir sepanjang hari menghabiskan waktunya di sumber air dalam hutan yang terpencil dan terkadang bertengger di pepohonan saat siang hari.

4. Sistem perkawinan mentok rimba

Mentok rimba (commons.m.wikimedia.org/Dick Daniels)

Sistem perkawinan mentok rimba adalah monogami, membentuk ikatan dengan satu pasangan kawin untuk waktu yang lama. Musim kawinnya tergantung pada datangnya musim hujan, biasanya di bulan Mei untuk populasi yang berada di utara. Di India, perkawinan dimulai dari bulan Februari atau Maret dan berlangsung hingga akhir Juli.

Betina biasanya menempatkan 16 telur di dalam rongga pohon yang tingginya 2–13 meter di atas tanah. Masa inkubasinya berlangsung selama 33 hari dan dirawat oleh induknya selama 14 minggu sebelum mereka hidup mandiri.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya