TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Goliath Tigerfish, Penghuni Sungai Afrika yang Agresif

Goliath tigerfish berkerabat dekat dengan piranha

Goliath tigerfish (commons.m.wikimedia.org/Totti)

Goliath tigerfish merupakan salah satu ikan yang sangat berbahaya. Mereka juga dianggap sebagai ikan iblis oleh beberapa suku di Afrika, lho. Goliath tigerfish sangat sensitif terhadap udara, cahaya dan suhu. Karenanya, mereka membutuhkan habitat yang cocok untuk hidup.

Panjang tubuh goliath tigerfish bisa mencapai 1,2 meter hingga 1,5 meter ketika sudah sepenuhnya dewasa. Sementara itu, berat tubuhnya sekitar 41-45 kg. Betina biasanya sedikit lebih kecil dari jantan. Goliath tigerfish terbesar yang pernah ada sekitar 1,49 meter dengan berat 70 kg. Yuk, kenalan dengan goliath tigerfish melalui fakta berikut ini.

1. Wilayah penyebaran goliath tigerfish

Goliath tigerfish (commons.m.wikimedia.org/Cedricguppy, Loury Cedric)

Goliath tigerfish hidup di sungai dan danau besar di Lembah Sungai Kongo. Mereka juga tersebar di Sungai Lualaba, Danau Upemba dan Danau Tanganyika. A-Z Animals menginformasikan bahwa mereka hanya bisa kamu temui di Afrika. Goliath tigerfish juga membutuhkan air yang kaya oksigen dengan arus sedang hingga kuat karena mereka sensitif terhadap kualitas air.

2. Goliath tigerfish mempunyai 32 gigi yang sangat tajam

Goliath tigerfish (youtube.com/River Monsters™)

Goliath tigerfish memiliki rahang atas berisi 12-20 gigi, sementara rahang bawahnya kisaran 8-14 gigi. Karenanya gigi mereka juga sedikit menonjol dari mulutnya. Melansir Fact Animal, bentuk giginya agak kerucut dan panjangnya bisa mencapai 2,5 cm. Goliath tigerfish bisa membelah mangsanya menjadi dua hanya dengan satu gigitan.

3. Goliath tigerfish adalah predator puncak

Goliath tigerfish (commons.m.wikimedia.org/Cedricguppy, Loury Cedric)

Goliath tigerfish merupakan predator puncak yang hanya memiliki beberapa pemangsa. Ketika berburu, mereka memanfaatkan pusaran sungai dan danau yang lebih tenang untuk menyergap mangsa. Meskipun penglihatannya tajam, goliath tigerfish juga memiliki kemampuan unik untuk mendeteksi frekuensi tingkat rendah yang memungkinkannya merasakan keberadaan mangsa di dekatnya.

Goliath tigerfish tidak menggunakan gigi tajamnya untuk mengunyah, mereka langsung menelannya utuh. Goliath tigerfish biasanya berburu ikan lele, angelfish, cichlids dan ikan gobi.

4. Goliath tigerfish betina bisa menghasilkan 750.000 telur

Goliath tigerfish (commons.m.wikimedia.org/Cedricguppy, Loury Cedric)

Goliath tigerfish memilih tepi sungai atau danau untuk bertelur. Telurnya akan diletakkan di tumbuhan bawah air agar terlindungi dari pemangsa sebab anak-anaknya tidak akan dirawat oleh induknya. Menakjubkannya, betina bisa menghasilkan telur dalam jumlah besar untuk meningkatkan kemungkinan bertahan hidup hingga dewasa. Telur yang dihasilkan kisaran ribuan dan bahkan hingga 750.000 telur, lho.

Baca Juga: Ikan Hias Air Tawar Predator yang Cocok Buat Kamu Pelihara!

5. Goliath tigerfish sangat agresif

Goliath tigerfish (youtube.com/River Monsters™)

Masih belum ada laporan pasti mengenai apakah goliath tigerfish pernah membunuh manusia atau tidak. Tapi, mereka memang merupakan ikan yang sangat berbahaya. Ada laporan bahwa beberapa nelayan, perenang dan anak kecil telah diserang oleh goliath tigerfish ketika mereka berada di dalam air, dikutip dari laman Everywhere Wild. Jadi, kamu harus berhati-hati saat menemui mereka.

6. Goliath tigerfish bisa dimakan!

Goliath tigerfish (youtube.com/River Monsters™)

Goliath tigerfish memang cukup berbahaya, tapi mereka dianggap sebagai hasil tangkapan berarti di antara para nelayan. Ukurannya yang besar bisa memberi makan satu desa kecil di pinggiran Afrika. Goliath tigerfish bisa diolah dengan berbagai cara, entah itu digoreng, dimasak dan dipanggang. Apakah kamu tertarik merasakannya?

Baca Juga: Cara Membedakan Ikan Dori dan Ikan Patin, Mudah Banget!

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya