TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Unik Possum Kerdil Pegunungan, Pernah Dianggap Punah!

Possum kerdil pegunungan agresif saat musim kawin

Possum kerdil pegunungan (youtube.com/UNSW)

Possum kerdil pegunungan juga dikenal sebagai burramys. Hewan yang satu ini merupakan hewan marsupial noktural yang berasal dari Australia. Panjang tubuhnya hanya kisaran 10-13 cm dengan berat 30-60 gram. Agar kamu bisa mengenalinya dengan baik, mereka memiliki bulu lebat, punggungnya berwarna abu-abu dan krem di bagian bawahnya. Ekornya panjang disertai dengan kaki belakang kuat yang membantunya mencengkram.

Mereka berada dalam famili Burramyidae dan mempunyai nama ilmiah Burramys parvus. Jika kamu tertarik untuk mengenalnya lebih jauh, fakta-fakta berikut ini bisa membantumu, lho!

1. Wilayah penyebaran possum kerdil pegunungan

Possum kerdil pegunungan (youtube.com/Zoos Victoria)

Possum kerdil pegunungan merupakan satu-satunya mamalia Australia yang secara khusus berada di habitat pegunungan. Mereka menempati Pegunungan Alpen Victoria dan New South Wales, hidup di antara bebatuan dan hamparan batu besar di ketinggian 1.500-2.228 meter. Animalia menginformasikan bahwa di Victoria, mereka berada di puncak Gunung Bogong, Gunung Loch dan Gunung Higginbotham.

Sementara di New South Wales, mereka menghuni Pegunungan di Taman Nasional Kosciusko di Gunung Townsend, Gunung Kosciusko dan Gunung Blue Cow. Possum ini lebih suka habitat padang rumput pegunungan.

2. Possum kerdil pegunungan adalah omnivora

Possum kerdil pegunungan (youtube.com/Zoos Victoria)

Possum satu ini adalah omnivora, dietnya terdiri dari tumbuhan dan hewan. Selama musim semi dan musim panas, mereka cenderung memakan banyak protein dari ngengat bogong, hal tersebut membantunya mendapatkan banyak lemak. Selain itu, menu makannya juga terdiri dari berbagai jenis serangga, biji-bijian, buah-buahan dan tanaman lainnya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Leadbeater's Possum, Hewan Punah yang Ditemukan Kembali!

3. Possum kerdil pegunungan hewan yang tenang dan pemalu

Possum kerdil pegunungan (youtube.com/Zoos Victoria)

Possum kerdil pegunungan merupakan hewan sosial yang tenang, mereka sangat jarang terlibat dalam perebutan wilayah atau makanan. Melansir Animal Diversity, mereka juga sangat pemalu dan cenderung lebih aktif saat malam hari. Possum kerdil ini lebih memilih tidur melingkarkan tubuh seperti bola untuk mendapatkan kehangatan saat siang hari.

4. Possum kerdil pegunungan berhibernasi

Ngengat bogong (youtube.com/Zoos Victoria)

Possum kerdil pegunungan tercatat sebagai mamalia kecil yang berhibernasi musiman untuk rentang waktu yang lama. Possum dewasa memasuki periode hibernasi dan bisa berlangsung selama tujuh bulan, berbeda dengan possum muda yang hanya berhibernasi selama lima bulan. Jantan dan betina sangat bergantung pada ngengat bogong sebagai makanan kaya energi yang membantunya mendapatkan lemak untuk bertahan hidup selama berhibernasi.

Berdasarkan informasi dari Earth's Endangered Creatures, selama di bulan-bulan hibernasi, possum kerdil pegunungan akan bangun dari masa torpor atau mati suri selama dua sampai tiga hari. Pada periode tersebut, mereka akan memakan stok makanan yang disimpannya. Itu terjadi ketika suhu mencapai 4-7 derajat celcius.

5. Possum kerdil pegunungan sangat agresif saat musim kawin

Possum kerdil pegunungan (youtube.com/UNSW)

Selama musim kawin, possum kerdil pegunungan ternyata bisa jadi sangat agresif, lho. Pada hari-hari di luar musim kawin, jantan cenderung lebih menoleransi satu sama lain. Tidak hanya jantan, betina juga bahkan terlibat saling menggigit ekor, lho. Betina diamati bersikap lebih agresif pada jantan dan betina lain saat melindungi area bersarang, khususnya setelah anak-anaknya lahir.

6. Sistem perkawinan possum kerdil pegunungan

Possum kerdil pegunungan (youtube.com/Zoos Victoria)

Sistem perkawinan possum kerdil pegunungan adalah poligini, jantan bisa kawin dengan beberapa betina. Musim kawinnya biasa terjadi di bulan Oktober hingga November. Pada periode tersebut, jantan akan menjelajah ke tempat lebih tinggi untuk mencapai area bersarang betina, tempat di mana mereka kawin. Betina biasanya mengandung selama 14-16 hari dan melahirkan tiga sampai empat bayi possum.

Setelah lahir, mereka akan naik ke kantong induknya dan berada di sana selama 4-5 minggu. Baru pada minggu terakhir, mereka akan keluar dan menghabiskan 5 minggu tambahan di sarangnya. Penyapihan berlangsung pada usia 10 minggu, setelah itu jantan muda biasanya diusir dari sarangnya.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya