TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Kuda Nil, Mereka Bukan Perenang yang Baik, Lho!

Kuda nil mampu menahan napas selama 5 menit

Kuda nil (pexels.com/Pixabay)

Kuda Nil juga dikenal sebagai hippopotamus, sementara nama ilmiahnya ialah hippopotamus amphibius. Kuda Nil ialah salah satu hewan terbesar, lho. Mereka adalah hewan semi-aquatic, dilansir National Geographic.

Ada beberapa fakta unik tentang kuda nil yang harus kamu ketahui. Apakah kuda nil bisa berenang? Berikut faktanya!

1. Kuda nil merupakan salah satu hewan terbesar

Kuda nil (pexels.com/Antony Trivet)

Melansir National Geographic Kids, kuda nil merupakan mamalia semi-aquatic yang berukuran besar. Mereka memiliki tubuh besar, kaki dan ekor yang pendek, tetapi kepalanya besar. Warna kulit mereka ialah keabu-abuan hingga cokelat berlumpur.

Kuda nil merupakan salah satu hewan terbesar yang ada. Kuda nil jantan memiliki panjang sekitar 3.5 m dan tinggi 1.5 m, bahkan beratnya bisa mencapai 3.200 kg. Sementara kuda nil betina beratnya sekitar 3.000 pound.

2. Kuda nil tidak bisa berenang

Kuda nil (pexels.com/Pixabay)

Kuda nil identik dengan air dan mereka sering berada di dalam air. Tapi tahukah kamu bahwa kuda nil tidak bisa berenang? Melansir Treehugger, kuda nil tidak bisa berenang dan mengapung. Walaupun mereka menghabiskan banyak waktu di dalam air, kuda nil tetap berada di perairan yang dangkal.

Kuda nil akan berdiri di atas dasar sungai berpasir ataupun di tepian. Mereka juga merupakan hewan noktural yang mencari makan di malam hari. Sementara untuk mengatur suhu tubuh mereka saat terik matahari, kuda nil menggunakan lumpur dan air sebagai penghalang.

Baca Juga: 11 Fakta Terbaru Kuda Nil Kokain Warisan Pablo Escobar

3. Kuda nil adalah pemakan besar

Kuda nil (pexels.com/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Melansir Live Science, kuda nil kebanyakan adalah herbivora dan memiliki nafsu makan yang besar. Kuda nil dewasa bisa memakan sekitar 35 kg rumput setiap malamnya. Bahkan kuda nil akan menempuh jarak sejauh 10 km untuk mengisi perut mereka, lho.

Saat makanan langka, menariknya kuda nil mampu menyimpan makanan di perutnya dan bertahan selama tiga minggu tanpa makan. Walaupun kuda nil dikenal sebagai herbivora, studi yang dilakukan tahun 2015 menunjukkan bahwa terkadang kuda nil akan memakan bangkai hewan.

4. Kuda nil mampu menahan napas selama 5 menit

Kuda nil (pexels.com/Kirandeep Singh Walia)

Melansir Treehugger, kuda nil memiliki kemampuan untuk menahan napas selama lima menit. Kuda nil memiliki selaput tebal menutupi mata dan lubang hidungnya, ini membentuk lapisan pelindung kedap air. Inilah mengapa kuda nil mampu menahan napas sangat lama.

Mereka akan melakukan ini saat merasakan bahaya dan terancam. Kuda nil akan berpindah tempat atau tetap berada di tempat yang sama dan muncul ke permukaan ketika sudah merasa aman.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Fosil Kura-Kura Laut Sebesar Kuda Nil

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya