TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Jamaican Tody, Saling Bertukar Makanan saat Musim Kawin 

Burung endemik Jamaika yang pendiam di luar musim kawin

Jamaican tody (commons.m.wikimedia.org/Dominic Sherony)

Jamaican tody juga dikenal sebagai rasta bird, robin dan robin redbreast. Mereka berada dalam famili Todidae dan memiliki nama ilmiah Todus todus. Ukurannya kecil, panjang tubuhnya hanya 9 sentimeter dan beratnya kisaran 6,4 gram. Sementara itu, ukuran sayapnya mencapai 46 mm, berkaitan dengan rata-rata jarak terbangnya yaitu 1,5 meter dan maksimumnya 26 meter. Spesies ini terlihat sangat mirip dengan puerto rican tody, tapi dadanya keputihan bercampur dengan hijau.

Nampak agak kuning di bagan perut dan di bawah penutup ekornya. Tungkai dan kakinya berwarna cokelat kemerahan. Ada beberapa spesies tody yang punya warna mata berbeda pada jantan dan betina. Namun, jamaican tody warna irisnya tidak bisa diprediksi. Tidak banyak informasi tentang mereka, tapi fakta berikut bisa membantumu kenalan lebih baik dengan burung satu ini.

1. Wilayah penyebaran jamaican tody

Jamaican tody (inaturalist.org/Henggang Cui)

Penyebaran jamaican tody seperti namanya, mereka burung endemik Jamaika. Spesies ini ditemukan di seluruh pulau dan terlihat di dekat pantai semi-kering atau di pegunungan yang lembap. Biasanya jamaican tody bepergian berpasangan dan terlihat di area berhutan. Animalia menginformasikan bahwa mereka berada di hutan kapur mesik, hutan kapur gersang, hutan pegunungan, perkebunan kopi dan hutan bakau.

2. Makanan kesukaannya adalah serangga

Jamaican tody (commons.m.wikimedia.org/Ron Knight)

Metode yang digunakan jamaican tody untuk mencari makan adalah menunggu di tempat bertenggernya sebelum menangkap mangsa. Menu makannya kebanyakan terdiri dari serangga dan larvanya, tapi terkadang memakan buah-buahan. Tempat mencari makannya berada di hutan kering dan basah. Serangga yang ukurannya kecil akan langsung ditelan saat terbang.

Berbeda dengan serangga berukuran besar yang akan dibenturkan ke ranting terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Jamaican tody bisa memakan 1 hingga 2 serangga per menit jika memang tersedia. Asupan airnya didapatkan dari tetesan air dari daun serta makanan yang dikonsumsinya.

Baca Juga: 6 Spesies Burung Tikus dari Famili Coliidae, Hidup di Afrika!

3. Bagaimana cara berkomunikasinya?

Jamaican tody (inaturalist.org/Jean-Paul Boerekamps)

Berdasarkan informasi dari Oiseaux Birds, jamaican tody sebenarnya cenderung pendiam di luar musim kawin. Mereka mengeluarkan suara 'bip' yang keras dalam berbagai situasi, ketajaman, intensitas dan frekuensinya berbeda. Ada lagi suara 'frrup' yang cepat terdengar selama pertunjukan teritorial.

Jamaican tody juga mengeluarkan suara mendesing keras, suara dengungan yang dihasilkan oleh sayapnya selama penerbangan. Suara itu disebabkan oleh udara yang melewati bulu-bulunya. Biasanya terdengar selama pertunjukan teritorial dan masa pendekatan.

4. Ritual pertunjukannya cukup rumit

Jamaican tody (inaturalist.org/Henggang Cui)

Walaupun pendiam di luar musim kawin, jamaican tody cukup aktif saat melakukan ritual pertunjukannya. Kecepatan kepakan sayapnya meningkat saat melakukan pendekatan dan menunjukkan batas wilayahnya. Ada juga saat di mana mereka saling memberi makanan, menukarkan serangga satu sama lain. Mereka biasanya saling mengejar di antara dedaunan rendah dengan jarak hingga 10 meter.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya