TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Unik Goliath Heron, Spesialis Pemangsa Ikan Besar

Goliath heron adalah spesies burung bangau terbesar di dunia

Goliath heron (commons.m.wikimedia.org/Bernard Dupont)

Intinya Sih...

  • Goliath heron adalah spesies burung bangau terbesar di dunia
  • Penyebaran goliath heron berada di sub-sahara Afrika, Asia Selatan, dan Asia Barat Daya
  • Goliath heron adalah karnivora yang memakan ikan besar dan memiliki panggilan unik

Goliath heron merupakan spesies bangau besar yang suka makan ikan berukuran besar. Mereka berada dalam famili Ardeidae dan memiliki nama ilmiah Ardea goliath. Goliath heron adalah spesies burung bangau hidup yang terbesar di dunia, lho. Tingginya mencapai 1,2--1,5 meter, seberat 4--5 kilogram dan lebar kepakan sayapnya kisaran 1,8--2,3 meter. Tidak heran mengapa mereka disebut sebagai burung bangau raksasa.

Mungkin itu juga yang menyebabkan kemampuan terbangnya agak lambat. Jantan dan betina mirip, perpaduan warna bulunya adalah abu-abu dan kastanya. Leher depan, tenggorokan dan dada bagian atasnya berwarna putih. Tapi, ada guratan hitam di leher depan dan dadanya. Yuk, kenalan dengan burung raksasa ini melalui fakta berikut.

1. Wilayah penyebaran goliath heron

Goliath heron (commons.m.wikimedia.org/Kurt Buzard)

Penyebaran goliath heron berada di sub-sahara Afrika, dan populasi kecil berada di bagian barat daya Asia dan Asia Selatan. Mereka adalah burung akuatik yang jarang menjelajah jauh dari sumber air, bahkan lebih suka terbang di sepanjang perairan daripada bergerak di darat. Goliath heron menghuni danau, rawa, lahan basah bakau, terumbu karang dan terkadang di delta sungai.

Animalia menginformasikan bahwa goliath heron biasanya ditemukan di perairan dangkal dan di dekat perairan dalam di atas tumbuhan lebat. Spesies bangau ini bahkan bisa ditemukan di sumber air kecil. Mereka lebih suka lahan basah dan menghindari area yang diganggu oleh manusia.

2. Suka makan ikan besar

Goliath heron (commons.m.wikimedia.org/Hans Hillewaert)

Sumber yang sama menjelaskan bahwa goliath heron adalah karnivora yang mangsanya kebanyakan terdiri dari ikan. Mereka berspesialisasi memburu ikan besar yang berat rata-ratanya 50--980 gram atau 500--600 gram dengan panjang 30 sentimeter. Spesies bangau ini biasanya mengabaikan ikan kecil.

Makanan kesukaan goliath heron adalah ikan air tawar, belanak, nila dan ikan mas. Tekadang, mereka juga melengkapi dietnya dengan katak, udang, mamalia kecil, kadal, ular, serangga dan bahkan bangkai.

Baca Juga: 5 Fakta Bangau Rejan, Belajar Terbang dari Pesawat Ultralight

3. Lebih suka hidup menyendiri dan teritorial

Goliath heron (commons.m.wikimedia.org/Bernard Gagnon)

Sebagai burung yang aktif saat siang hari, goliath heron lebih suka mencari makan sendirian. Mereka sangat teritorial terhadap goliath heron lain yang memasuki wilayah mencari makannya. Terkadang, kamu bisa dua pasangan tapi kebanyakan dari mereka adalah pasangan kawin atau burung muda yang belum dewasa.

4. Bagaimana cara berkomunikasinya?

Goliath heron (commons.m.wikimedia.org/Bernard Gagnon)

Berdasarkan informasi dari Heron Conservation, goliath heron punya panggilan unik yang terdengar seperti 'kowoork'. Vokalisasinya itu dilakukan berulang kali dan sangat keras, bisa terdengar hingga jarak 2 kilometer. Panggilan lainnya berupa 'arrk' bernada tajam saat terganggu dan 'krooo' disuarakan ketika melakukan peregangan dalam posisi vertikal.

Sementara itu, suara 'huh-huh' dikeluarkan saat sedang jongkok. Duet keduanya juga dianggap penting sebagai sarana komunikasi pasangan kawin di sarang. Selain itu, goliath heron juga memanfaatkan indera penciuman, ransangan visual, pendengaran dan sentuhannya untuk berkomunikasi.

5. Sistem perkawinan goliath heron

Goliath heron (commons.m.wikimedia.org/Charles J. Sharp)

Sistem perkawinan goliath heron adalah monogami, membentuk ikatan dengan satu pasangan yang berlangsung seumur hidupnya. Musim kawinnya dimulai pada awal musim hujan, biasanya di bulan November hingga Maret. Di beberapa daerah, mereka bisa kawin sepanjang tahun dan tidak ada puncaknya. Perkawinan mungkin saja tidak terjadi setiap tahun. Pasangan goliath heron bersarang sendirian atau berada dalam koloni besar.

Terkadang akan bergabung dengan koloni perkembang biakan campuran bersama spesies bangau lainnya, kormoran, ibis dan camar. Betina menempatkan 2--5 telur yang dierami selama 24--30 hari. Anak-anaknya baru bisa meninggalkan sarang 5 minggu setelah menetas, tapi tetap bersama induknya selama 50--80 hari lagi.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya