TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Fakta Unik Bison, Bisa Berlari dengan Sangat Cepat!

Bison dan buffalo bukanlah hewan yang sama!

Bison (pixabay.com/David Mark)

Bison adalah herbivora yang kebanyakan memakan rerumputan, dedaunan dan ranting. Mereka berada dalam famili Bovidae yang di dalamnya juga ada kambing, domba, buffalo dan gazelle.

Benar! Bison dan buffalo berada dalam keluarga yang sama, tetapi mereka bukanlah hewan yang sama. Fakta berikut ini akan menjelaskan perbedaan keduanya padamu.

1. Bison adalah mamalia darat terbesar di Amerika Utara

Bison (pixabay.com/George)

Terdapat dua spesies bison yaitu Bison Amerika dan Bison Eropa. Bison adalah hewan nasional Amerika Serikat dan merupakan mamalia darat terbesar di Amerika Utara. Live Science menjelaskan bahwa mereka bisa tumbuh dari 2.1 hingga 3.5 meter panjangnya dari kepala hingga pantatnya, panjang ekornya sekitar 20-23.5 inci. Berat Bison Amerika bisa mencapai 422 hingga 998 kilogram.

Sementara itu Bison Eropa memiliki panjang sekitar 3 meter. Tetapi spesies ini lebih berat. Kisaran berat mereka dari 800 hingga 1,000 kilogram.

2. Bison itu sangat cepat

Bison (pixabay.com/Simon)

Perawakan besar dari bison tidak akan menghalangi mereka dengan banyak. Melansir dari laman Treehugger, bison sebenarnya bisa berlari 30 hingga 45 mil per jam dan melompat hingga ketinggian 6 kaki. Bison sama sekali tidak lambat menggunakan kemampuan mereka untuk menyerang predator.

3. Ekor bison bisa memberitahumu suasana hatinya

Bison (pixabay.com/Lobus Houska)

A-Z Animals menginformasikan bahwa bison memang tidak bisa diprediksi tetapi kamu bisa mengetahui suasana hati mereka melalui ekornya. Ketika bison tenang, ekor mereka menggantung ke bawah dan bergoyang secara alami. Jika ekor mereka berdiri, kemungkinan bison akan menyerang. Perhatikan ekor mereka dengan baik saat kamu bertemu dengan bison, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Bison, Hewan Terkuat dan Terganas di Amerika Utara

4. Bison jantan dan betina memiliki tanduk

Bison (pixabay.com/David Mark)

Bison jantan dan betina memiliki tanduk. Akan tetapi, tanduk mereka bisa membantumu untuk membedakannya. Pada bison betina, tanduknya berbentuk C dan lebih ramping dari apa yang dimiliki oleh bison jantan, dilansir National Park Trust.

5. Kulit bison sangat tebal

Bison (pixabay.com/Linda)

Bison tidak membakar kalori ekstra untuk tetap hangat pada temperatur rendah, jelas Treehugger. Bison memiliki kulit tubuh yang sangat tebal sehingga melindungi mereka dari cuaca musim dingin yang eksrim dengan dua lapis bulu dan kulit tebalnya. Lapisan luar yang kasar berfungsi untuk melindungi bison saat dingin dan lembab.

Sementara lapisan dalam terdiri dari serat halus sebagai insulasi yang memerangkap udara dan panas. Kulit bison sangat efektif untuk membantunya bertahan di cuaca yang sangat dingin.

6. Banteng (buffalo) bukanlah bison

Bison (pixabay.com/Christina Grenier)

Kamu mungkin mengira bahwa buffalo adalah nama lain dari bison. Tetapi, mereka tidaklah sama! Banteng (buffalo) hanya hidup di Afrika dan Asia, sementara bison ada di Amerika Utara. Ada banyak perbedaan yang jelas diantara keduanya.

Buffalo memiliki tanduk melengkung yang lebih menonjol dan kepala yang lebih kecil daripada bison. Selain itu, bison lebih berat dari buffalo dan hidup di padang rumput, berbeda dengan buffalo yang menghuni hutan, jelas A-Z Animals.

7. Mengapa bison berguling di tanah?

Bison (pixabay.com/WikiImages)

Ada alasan kenapa bison berguling di tanah! Sumber yang sama menjelaskan bahwa mereka melakukannya tidak untuk bersenang-senang atau sekadar bermain. Bison melakukannya untuk melindungi diri dari gigitan lalat. Mereka juga akan berkubang selama musim kawin untuk meningkatkan peluang menemukan pasangan.

Baca Juga: 5 Fakta unik Seputar Banteng yang Jarang Diketahui, Fisiknya Kuat!

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya