TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Trenggiling India, Makan 70 Juta Rayap dan Semut dalam Setahun

Trenggiling India sangat pemalu

Trenggiling India (commons.m.wikimedia.org/U.S Fish and Wildlife Service Headquarters)

Trenggiling India merupakan spesies trenggiling yang bergerak lambat dan pemalu. Mereka berada dalam famili Manidae dan memiliki nama ilmiah Manis crassicaudata. Panjang tubuhnya mencapai 45-75 cm dengan berat 5-35 kg. Untuk membantumu mengidentifikasinya, trenggiling India berbentuk kerucut dengan mata kecil berwarna gelap.

Moncongnya panjang dan kulitnya berwarna cokelat kemerahan. Mereka mempunyai jari yang tajam dan bercakar. Mereka mempunyai 160-200 sisik di tubuhnya dan sekitar 40-46% di antaranya terletak di bagian ekor. Sisiknya memiliki panjang 6,5-7 cm, lebarnya 8,5 cm dan berat 7-10 gram. Yuk, kenalan dengan trenggiling India yang pemalu ini!

1. Wilayah penyebaran trenggiling India

Trenggiling India (commons.m.wikimedia.org/A. J. T. Johnsingh, WWF-India and NCF))

Trenggiling India tersebar di Bangladesh, bagian selatan Nepal, Sri Lanka, di India khususnya bagian selatan Himalaya dan beberapa bagian kecil di Pakistan. Mereka menghuni padang rumput dan beradaptasi dengan baik di daerah kering dan gurun. Animalia menginformasikan bahwa trenggiling India lebih menyukai daerah lebih tandus dan berbukit, kondisi tanahnya lunak dan semi berpasir yang cocok untuk menggali liang.

2. Trenggiling India banyak memakan semut dan rayap

Trenggiling India (commons.m.wikimedia.org/A. J. T. Johnsingh, WWF-India and NCF))

Trenggiling India menggunakan indera penciumannya yang tajam untuk mengidentifikasi dan melacak mangsa. Mereka banyak memakan semut dan rayap, tapi juga mengonsumsi kumbang. Spesies trenggiling satu ini juga memakan sejumlah kecil bahan tanaman serta pasir, tanah liat, batu untuk membentuk gastrolit di ampelanya.

Melansir Animal Diversity, trenggiling India banyak berburu makanan di tanah, tapi juga terkadang naik ke pohon untuk mengejar semut arboreal. Mereka menggunakan tiga cakar tengahnya di kaki depan untuk menggali sarang semut dan rayap. Trenggiling India menggunakan lidah lengketnya untuk memangsa seperti saat meminum air. Airnya liurnya sangat lengket sehingga serangga bisa menempel dengan mudah di lidahnya.

3. Trenggiling India adalah noktural

Trenggiling India (commons.m.wikimedia.org/D'Cruze N, Singh B, Mookerjee A, Harrington LA, Macdnlad DW)

Trenggiling India kebanyakan aktif di malam hari dan bersembunyi jauh di dalam sarangnya atau di sudut gelap atau pohon untuk beristirahat. Mereka biasanya meringkuk menjadi bola dengan sisi perut menghadap ke bawah dan anggota tubuhnya terselip di bawah tubuhnya. Saat malam hari, trenggiling India banyak menghabiskan waktunya untuk mencari makan.

4. Trenggiling India hidup menyendiri

Trenggiling India (commons.m.wikimedia.org/Sandip Kumar)

Trenggiling India sama seperti hewan spesies trenggiling lainnya, mereka biasanya hidup menyendiri dan tidak akan berbagi sarang dengan spesies lainnya. Walaupun begitu, selama musim kawin, mereka akan berbagi sarang dengan pasangannya. Periode tersebut berlangsung selama bayi dilahirkan, setelahnya jantan tidak terlalu berperan aktif dalam membesarkan anak-anaknya. Hanya betina yang lanjut membesarkannya hingga mereka mandiri.

5. Bagaimana cara berkomunikasi trenggiling India?

Trenggiling India (commons.m.wikimedia.org/Sandip Kumar)

Sumber yang sama menjelaskan bahwa satu-satunya suara yang dikeluarkan trenggiling India adalah suara mendesis keras. Suara tersebut dikeluarkan saat mereka diganggu oleh pemangsa, kawin serta interaksi induk dan anak-anaknya. Trenggiling India juga akan meninggalkan penanda aroma dengan cara buang air kecil di pohon untuk menandai batas wilayahnya.

6. Trenggiling India bisa memakan 70 juta semut dan rayap dalam setahun

Trenggiling India (commons.m.wikimedia.org/Dushy Ranetunge)

Seperti pada fakta sebelumnya, trenggiling India adalah karnivora. Mereka biasanya mengonsumsi semut, rayap dan telur-telurnya, kulit cacing dan kecoa. Tahukah kamu bahwa mereka bisa mengonsumsi semut dan rayap sejumlah besar dalam setahun? Animalia menjelaskan bahwa trenggiling India bisa memangsa semut dan rayap hingga 70 juta dalam setahun.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya