TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Menarik Nuri Abu-abu Afrika, si Setia yang Sangat Cerdas!

Nuri abu-abu afrika tidak terlalu sering terbang

nuri abu-abu afrika (commons.m.wikimedia.org/Dick Dainels)

Nuri abu-abu afrika merupakan burung dunia lama yang berada dalam famili Psittacidae. Panjang tubuhnya mencapai 25-36 cm dengan berat 400-490 gram. Sementara itu, lebar kepakan sayapnya mencapai 46-52 cm. Nama ilmiahnya adalah Psittacus erithacus.

Nuri abu-abu afrika banyak dijadikan sebagai peliharaan karena sangat cerdas. Jika kamu penasaran seberapa cerdas nuri abu-abu afrika, deretan fakta berikut bakal makin mengenalkan satwa satu ini kepadamu.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Burung Murai Batu, Pengicau yang Indah

1. Wilayah penyebaran nuri abu-abu afrika

nuri abu-abu afrika (pixabay.com/Manfred Richter)

Nuri Abu-abu afrika berasal dari Afrika, khususnya Angola, Kamerun, Kongo, Gabon, Pantai Gading, Ghana, Kenya, dan Uganda. Animalia menginformasikan bahwa nuri abu-abu afrika menyukai hutan lebat, tetapi juga bisa ditemui di tepi hutan, hutan bakau, dan tanaman yang lebih terbuka seperti hutan galeri dan sabana. Mereka bahkan bisa kamu temui di kawasan budidaya dan perkebunan.

2. Nuri abu-abu afrika terdiri dari banyak corak abu-abu

Nuri abu-abu afrika (pixabay.com/Ralph)

Berdasarkan informasi A-Z Animals, nuri abu-abu afrika memiliki lebih banyak corak daripada yang kamu duga. Mereka memang terlihat monokromatik, bukan? Tapi, ada beberapa aksen warna tambahan. Bulu di bagian kepala bergaris dan berwarna putih. Mereka juga memiliki mata juga paruh hitam dengan ekor berwarna merah cerah. Terkadang nuri bahkan mengalami mutasi merah, biru, cokelat, atau albino.

3. Nuri abu-abu afrika memiliki rentang hidup yang sangat lama

nuri abu-abu afrika (commons.m.wikimedia.org/Juan Caparros)

Nuri abu-abu afrika mempunyai rentang hidup yang sangat lama. Kebanyakan dari mereka bisa hidup selama 60 tahun, bahkan beberapa nuri abu-abu afrika bisa mencapai 80 tahun. Karena umurnya yang panjang, mereka sering kali hidup lebih lama dari pemiliknya dan kemungkinan mengalami trauma beberapa kali dalam hidupnya, jelas World Animal Protection.

4. Nuri abu-abu afrika sangat cerdas!

nuri abu-abu afrika (pixabay.com/KantonZH)

Nuri abu-abu afrika adalah salah satu hewan paling cerdas di dunia. Dari beberapa penelitian, spesies dewasa ini menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat kecerdasan yang sama dengan balita. Penelitian juga menemukan bahwa nuri abu-abu afrika bisa mengindentifikasi, meminta menolak, mengategorikan, dan mengukur lebih dari 80 objek berbeda. Mereka bahkan bisa mengenali tentang konsep warna dan bentuk.

5. Nuri abu-abu afrika bisa berbicara

nuri abu-abu afrika (commons.m.wikimedia.org/Dick Dainels)

Selain meniru ucapan manusia, nuri abu-abu afrika bisa diajari untuk menanggapi pertanyaan dan menunjukkan kasih sayang, lho. Kamu bisa mengajarinya kata dan frasa tertentu atau mereka secara bertahap akan mempelajari suara dari lingkungannya. Tidak hanya itu, mereka bisa mengingat, menganalisis, dan berbagi informasi yang berkaitan dengannya.

6. Nuri abu-abu afrika setia pada pasangannya

nuri abu-abu afrika (pixabay.com/7551044)

Nuri abu-abu afrika adalah monogami. Mereka berpasangan seumur hidupnya. Ketika sudah dewasa secara reproduktif sekitar 3-5 tahun, mereka akan tinggal bersama dengan pasangannya di dalam lubang pohon. Setelah betina menghasilkan telur, jantan akan membawakan makanan dan tetap melindunginya selama masa inkubasi. Tidak hanya setia pada pasangannya, mereka juga sangat murah hati dan perhatian. Nuri abu-abu afrika tidak ragu berbagai kacang dengan pasangannya.

Baca Juga: 5 Fakta Burung Emu, Salah Satu Burung Terbesar Masih Hidup

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya