TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Menarik Lili, Ternyata Beracun Bagi Kucing!

Hanya Lili Putih dan Lili Macan yang memiliki aroma

Lily (unsplash.com/Matt)

Tanaman bernama Lili ini tentu cukup familier di sekitar kita. Biasanya Lili sering dijadikan sebagai tanaman hias atau bunga potong untuk buket. Lili tidak hanya berwarna putih, tapi memiliki ragam warna yang indah. Selain itu, Lili juga memiliki manfaat lain, lho.

Kamu bisa lebih mengetahui informasi mengenai Lili dari fakta berikut ini! Mana yang sudah kamu tahu?

1. Lili bisa bertahan hidup di alam liar dengan mudah

Lily (pexels.com/Paolo Durandetto)

Lili adalah tanaman tahunan yang bisa bertahan hidup dan tumbuh di alam liar dengan baik. Bahkan tanpa campur tangan manusia. Mereka berbunga selama musim semi dan musim panas, sementara di musim dingin mereka tidak begitu aktif. Lili bisa tumbuh dari umbi dan biji, mereka juga bisa tumbuh setinggi dua hingga enam kaki tergantung pada spesiesnya, dilansir Bouqs.

2. Ada spesies Lili yang ditanam hanya untuk umbinya

Lily (unsplash.com/Annie Spratt)

Serenata Flowers menginformasikan bahwa walaupun kebanyakan Lili ditanam untuk bunganya yang indah, spesies tertentu Lili hanya ditanam untuk umbinya. Umbi Lili banyak dibudidayakan untuk makanan di Asia, khususnya di China, Korea dan Jepang. Umumnya spesies Lili yang ditanam untuk makanan adalah Lilium brownii, Lilium pumilum dan Lilium dauricum.

Baca Juga: 3 Cara Memperbanyak Tanaman Lili Paris, Jadi Makin Lebat!

3. Lili tumbuh dengan baik jika ditumbuhkan dalam kelompok

Lily (unsplash.com/Tanalee Youngblood)

Lili bisa dikatakan sebagai tanaman sosial, mereka tidak tumbuh dengan baik sendirian. Tapi jika kamu menumbuhkannya dalam kelompok Lili yang terdiri dari 4 hingga 5, itu akan tumbuh dengan baik! Lili juga memiliki warna yang beragam seperti putih, kuning, merah, merah mudah dan bahkan ada Lili macan yang warnanya oranye dan terdapat bintik-bintik kecokelatan, melansir Fnp.

4. Ternyata Lili beracun bagi kucing!

Lily (unsplash.com/Edge2Edge Media)

Ingatlah untuk berhati-hati menempatkan Lili di dalam rumahmu. Melansir Bouqs, Lili memang tidak beracun bagi manusia tapi mereka beracun bagi kucing. Bahkan paparan Lili bagi mereka bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius.

5. Hanya Lili putih dan Lili macan yang memiliki aroma

Lily (pexels.com/Tomas Williams)

Kamu mungkin salah mengira bahwa semua bunga memiliki aroma yang manis, faktanya tidak begitu. Serenata Flowers menjelaskan bahwa hanya bunga Lili Putih yang wangi. Selain Lili Macan yang terkenal dengan aroma manisnya, varietas warna Lili yang lain tidak memiliki aroma apapun. Akan tetapi, variasi warna Lili yang indah tetap menarik perhatian!

Baca Juga: 12 Jenis Bunga Lili Putih yang Harus Kamu Tau, Mempesona!

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya