TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Elang Laut Madagaskar, Burung Pemangsa yang Terancam Punah

Sistem perkawinannya poliandri, betina kawin dengan banyak jantan

Elang laut madagaskar (commons.m.wikimedia.org/Francesco Veronesi)

Elang laut madagaskar atau madagascar fish eagle juga dikenal sebagai madagascar sea-eagle. Mereka berada dalam famili Accipitridae dan memiliki nama ilmiah Haliaeetus vociferoides. Panjang tubuhnya mencapai 60--66 sentimeter dan lebar kepakan sayapnya kisaran 1,6--1,8 meter. Berat jantan sekitar 2,2--2,6 kilogram, lebih kecil dari betina yang beratnya 2,8--3,5 kilogram. Agar kamu bisa membedakannya dari elang lain, perlu untuk tahu ciri-cirinya.

Elang laut madagaskar punya tubuh dan sayap berwarna cokelat gelap. Kepalanya cokelat pucat dan ekornya putih. Paruhnya kehitaman dengan pangkal lebih pucat. Sementara itu, kakinya berwarna abu-abu. Tidak banyak informasi tentangnya, tapi fakta berikut sudah bisa memberi gambaran besar mengenai gaya hidupnya di alam liar.

1. Wilayah penyebaran elang laut madagaskar

Elang laut madagaskar (commons.m.wikimedia.org/Bernard Dupont)

Sebagai hewan endemik Madagaskar, elang laut ini berada di sepanjang pantai barat laut di utara Morondaca. Mereka menghuni hutan gugur kering yang ada di sana. Animalia menginformasikan bahwa survey terbaru melaporkan terdapat konsentrasi populasi kecil di Hutan Anjajavy di Samudra Hindia, tempat beberapa aliran sungai mengalir ke utara Desa Anjajavy.

2. Mereka adalah pemakan oportunis

Elang laut madagaskar (commons.m.wikimedia.org/Quentin Corbel)

Berdasarkan informasi dari The Peregrine Fund, elang laut madagaskar sama seperti Osprey yang makanan utamanya adalah ikan. Tapi, mereka juga pemakan oportunis, memburu apapun yang ditemuinya. Selain ikan, elang ini juga mengonsumsi kepiting, kura-kura dan burung lainnya. Mereka punya beberapa teknik berburu, salah satunya mendeteksi keberadaan mangsa di tempat bertenggernya.

Elang laut madagasar terkadang mencuri makanan dari manusia, lho. Seorang ahli biologi mendatangi tempat perangkap ikan yang dipasang nelayan. Saat ikan terperangkap, elang akan melepaskannya sebelum air pasang cukup surut. Tidak membiarkan nelayan mengambil hasil tangkapannya.

Baca Juga: 7 Predator yang Mampu Memangsa Aligator, Apa Saja?

3. Penglihatannya sangat tajam

Elang laut madagaskar (commons.m.wikimedia.org/Frank Wouters)

Spesies elang laut ini menghabiskan banyak waktunya bertengger di pepohonan besar. Tapi, mereka juga sering telihat terbang di atas perairan. Elang laut madagaskar nampaknya lebih memilih danau bersih yang dalam. Mereka punya penglihatan tajam yang memudahkannya melihat mangsa di air bersih daripada air keruh.

Elang laut madagaskar sering terlihat sendirian, tapi terkadang berpasangan bahkan di luar musim kawin. Mereka lebih aktif saat siang hari dan tidak bermigrasi, lebih memilih menetap di wilayah jelajahnya sepanjang tahun.

4. Bagaimana cara berkomunikasinya?

Elang laut madagaskar (commons.m.wikimedia.org/Charles J. Sharp)

Tidak banyak informasi mengenai cara berkomunikasi elang laut madagaskar. Tapi, mereka memiliki panggilan merdu yang mirip dengan kerabat dekatnya di daratan yaitu African fish eagle. Sayangnya, kamu mungkin tidak bisa mendengar vokalisasinya secara langsung jika mereka punah. Elang laut madagaskar adalah satu dari lima burung pemangsa yang keberadaannya paling terancam di dunia.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya