TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Bearded Reedling, Penghuni Alang-alang yang Menggemaskan 

Bearded reedling melakukan split saat bertengger

Bearded reedling (pexels.com/Daniil Komov)

Bearded reedling berada dalam genus Panurus dan ordo Passeriformes. Mereka adalah salah satu burung dengan tampilan yang unik karena memiliki tanda hitam di wajahnya. Mereka bisa kamu temui di Eropa dan Palearktik, menghuni habitat alang-alang. Nama ilmiahnya adalah Panurus biaricus.

Ukuran mereka sekitar 14.5-16.5 cm panjangnya dan memiliki berat kisaran 11-20.8 gram. Bearded reedling adalah omnivora dan banyak memakan serangga dan siput. Mari kenalan dengan mereka lebih jauh!

1. Bearded reedling berada dalam famili panuridae

Bearded reedling (pixabay.com/Psubraty)

Bearded reedling adalah burung yang unik. Secara historis, para ilmuwan tidak yakin mereka harus dimasukkan dalam anggota famili apa. Karenanya, mereka dipindahkan sebab bearded reedling tidak memiliki kekerabatan dengan spesies lainnya. Itulah mengapa bearded reedling berada dalam kelompoknya sendiri. Mereka adalah anggota dari keluarga Panuridae, dilansir Bird Feeder Hub.

2. Bearded reedling menghuni lahan basah

Bearded reedling (pixabay.com/Psubraty)

Sumber yang sama menjelaskan bahwa bearded reedling bertahan hidup di lahan basah yang berada di dekat air tawar atau air payau. Mereka berada di sungai, rawa dan danau. Bearded reedling lebih suka bersarang di alang-alang dan membangun koloni di hamparan alang-alang yang ada di sepanjang rawa dan danau.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Jalak Eropa, Burung Terindah dengan Kicauan Berisik

3. Bearded reedling berkomunikasi melalui panggilan dan nyanyian

Bearded reedling (pexels.com/Daniil Komov)

Kidadl menjelaskan bahwa bearded reedling berkomunikasi melalui panggilan dan nyanyian. Vokalisasi paling umum yang mereka suarakan adalah ping-ping, tjuu, djipp dan pit-pit. Bearded reedling jantan kerap mengeluarkan nyanyian tschin-dschik-tschraa yang berlangsung selama beberapa detik. Beberapa burung juga cenderung akan bernyanyi saat terbang. Nyanyian mereka di musim panas cukup membangkitkan semangat.

4. Bearded reedling melakukan split

Bearded reedling (pixabay.com/Erik Karits)

Fakta tentang bearded reedling yang satu ini cukup unik. Mereka dikenal karena melakukan split di antara alang-alang. Bearded reedling akan menggenggam alang-alang terpisah dengan masing-masing kakinya. Bird Feeder Hub menjelaskan bahwa dalam posisi ini, mereka bisa meraih makanan dan bahkan membantunya bermanuver di sekitar alang-alang yang tebal. Bukankah terlihat sangat lucu jika kamu bisa menemui mereka melakukan split?

5. Batas ketinggian terbang bearded reedling adalah 3,050 meter

Bearded reedling (pixabay.com/Henk van Dorp)

Informasi dari Kidadl menjelaskan bahwa kecepatan rata-rata bearded reedling saat terbang masih belum ditentukan sebab kurangnya data. Akan tetapi, mereka biasanya terbang dengan kecepatan sedang. Bearded reedling terbang dengan gerakan memutar. Batas ketinggian terbang mereka diketahui berada pada ketinggian 3.050 meter.

6. Bearded reedling jantan dan betina bisa dibedakan dengan mudah

Bearded reedling (unsplash.com/Vincent van Zalinge)

Bearded reedling adalah salah satu spesies burung yang diformik secara seksual. Penampilan jantan dan betina berbeda dan karenanya bisa dibedakan dengan mudah. Baik jantan maupun betina memiliki tubuh berwarna kecokleatan dengan dada dan perutnya lebih pucat, terdapat garis putih dan hitam di sayapnya.

Sementara itu, betina memiliki kepala cokelat pucat tetapi jantan lebih berwarna keabu-abuan. Paruh jantan berwarna kuning cerah dan terdapat dua tanda hitam di wajahnya. Hanya jantan yang memiliki tanda tersebut.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Burung Berkik, Punya Mata di Belakang Kepala

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya