TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Burung-ara Hijau, Pandai Menirukan Suara Burung Lain 

Burung-ara hijau diperdaya untuk merawat anak burung lain

Burung-ara hijau (commons.m.wikimedia.org/Dominic Sherony)

Burung-ara hijau atau australasian figbrid juga dikenal sebagai green figbird. Mereka berada dalam famili Oriolidae dan memiliki nama ilmiah Sphecotheres vieilloti. Panjang tubuhnya mencapai 27–29,5 sentimeter dan beratnya kisaran 111–130 gram. Jantan punya ekor hitam dengan ujung lebar berwarna putih hingga ke bagian luarnya. Kepalanya berwarna hitam, tapi kulit wajahnya merah cerah.

Sebagian besar tubuhnya berwarna hijau zaitun, sementara tenggorokan, leher dan dadanya berwarna abu-abu. Berbeda dengan betina yang warna kusam dan putih di bagian bawahnya. Paruhnya hitam keabu-abuan. Sementara itu, burung muda mirip dengan betina. Mari kenalan dengan burung-ara hijau melalui fakta berikut ini.

1. Wilayah penyebaran burung-ara hijau

Burung-ara hijau (commons.m.wikimedia.org/Mike's Birds)

Penyebaran burung-ara hijau berada di bagian utara dan bagian timur Australia, bagian selatan Papua Nugini dan Kepulauan Kai. Kebanyakan dari mereka menetap di wilayahnya sepanjang tahun, tapi beberapa melakukan pergerakan nomadik (berpindah-pindah) menuju selatan di Victoria. Australian Museum menginformasikan bahwa burung-ara hijau menghuni hutan hujan dan hutan sklerofil basah, taman serta kebun kota.

Baca Juga: Mengenal para Fisikawan Berpengaruh dalam Sejarah Fisika Kuantum

2. Mencari makan dalam kawanan

Burung-ara hijau (commons.m.wikimedia.org/gailhampshire)

Berdasarkan informasi dari Birds in Backyards, burung-ara hijau mencari makan dalam kawanan, biasanya sekitar 20 burung. Mereka terbang ke pepohonan terisolasi yang cocok dijadikan tempat mencari makan. Menu makan utamanya adalah buah ara, burung ini juga mengonsumsi buah lunak dan beri lainnya. Untuk melengkapi nutrisi dietnya, burung-ara hijau juga memburu serangga.

3. Pandai menirukan suara burung lain

Burung-ara hijau (commons.m.wikimedia.org/Dominic Sherony)

Tidak sama seperti burung oriole lainnya, burung-ara hijau sangat ramah dan membentuk kawanan besar di luar musim kawin. Biasanya terdiri dari 20--40 burung, bahkan berada dalam perkembang biakan koloni kecil. Melansir Animalia, burung-ara hijau memiliki banyak variasi panggilan pendek, lho!

Menariknya lagi, mereka bisa menirukan suara dari burung lainnya, misalnya suara dari burung beo dan spesies oriole lainnya. Nyanyiannya terdiri dari rangkaian siulan sederhana, pernahkah kamu mendengarnya?

4. Bagaimana cara membedakannya dari oriole lain?

Burung-ara hijau (commons.m.wikimedia.org/Robert Whyte)

Spesies yang mirip dengan burung-ara hijau adalah olive-backed oriole, bagaimana cara membedakannya? Lihat saja dari paruhnya, burung-ara hijau punya paruh kehitaman sementara yang terakhir punya paruh kemerahan. Mereka juga tidak punya kulit mata telanjang seperti burung-ara hijau dan mata merah.

Selain dari ciri fisik, lihatlah perilaku sosialnya. Burung-ara hijau lebih ramah daripada oriole lainnya, mereka hidup dalam kawanan besar dan bahkan mencari makan bersama.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya