TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Baltimore Oriole, Burung Berisik yang Suka Buah Warna Gelap

Baltimore oriole punya cara makan yang unik

Baltimore oriole (commons.m.wikimedia.org/Dominic Sherony)

Baltimore oriole merupakan spesies burung berwarna cerah yang dinobatkan sebagai burung nasional Maryland. Mereka berada dalam famili Icteridae dan memiliki nama ilmiah Icterus galbula. Panjang tubuhnya hanya 17--22 sentimeter, beratnya 22-42 gram dan lebar kepakan sayapnya kisaran 23--32 sentimeter. Untuk membantumu mengenalinya, warna jantan dewasa cenderung oranye di bagian bawah bahu dan pantatnya.

Sementara itu, bagian atas betina dewasa berwarna kuning kecokelatan, sayapnya lebih gelap dan kuning jingga kusam di bagian dada serta perutnya. Keduanya memiliki garis putih di sayapnya. Yuk, kenalan lebih jauh melalui fakta berikut ini.

1. Wilayah penyebaran baltimore oriole

Baltimore oriole (commons.m.wikimedia.org/Mykola Swarnyk)

Penyebaran baltimore oriole berada di padang rumput Kanada dan montana timur di barat laut ke arah timur melalui selatan Ontario, bagian selatan Quebec dan New Brunswick. Mereka juga menjangkau bagian timur Amerika Selatan, bagian timur ke tengah Mississippi, Alabama dan bagian utara Georgia. Mereka lebih suka menghuni pohon besar berdaun lebat, tapi biasanya tidak berada di hutan lebat.

Animalia menginformasikan bahwa baltimore oriole juga bisa ditemukan di hutan terbuka, tepi hutan dan lahan basah yang berada di dekat sumber air. Burung ini mudah beradaptasi dan bisa berkembang biak di habitat sekunder. Akhir-akhir ini, baltimore oriole banyak mengunjungi kebun buah, lahan pertanian dan perkotaan.

Baca Juga: 5 Ras Burung Elang Terkuat di Dunia, Mampu Angkat Mangsa Hingga 18 Kg!

2. Menu makannya sangat beragam

Baltimore oriole (commons.m.wikimedia.org/Brezinski, David, United States Fish and Wildlife Service)

Berdasarkan informasi dari National Geographic, baltimore oriole sering mengunjungi hutan dan memakan ulat dan serangga. Mereka juga melengkapi dietnya dengan buah-buahan dan beri. Kamu mungkin bisa melihatnya di halaman belakang rumahmu sebab burung ini terkadang mengunjungi tempat makan yang berisi jeruk, nektar dan bahkan selai kacang.

Tidak sama seperti robin lainnya yang memakan berbagai jenis buah, baltimore oriole hanya memakan buah berwarna gelap yang sudah matang. Mereka akan mencari buah murbei paling gelap, ceri paling merah, anggur paling ungu dan cenderung mengabaikan anggur hijau dan ceri kuning meskipun sudah matang, dikutip dari laman All About Birds.

3. Pola migrasi baltimore oriole

Baltimore oriole (commons.m.wikimedia.org/David Menke)

Kebanyakan baltimore oriole menghabiskan musim dinginnya dengan berjemur di daerah beriklim cerah. Mereka biasanya menuju bagian selatan Meksiko hingga bagian barat laut Amerika Selatan atau di pulau-pulau Karibia. Beberapa burung menghabiskan musim dingin di sepanjang Gulf Coast dan tempat lain di bagian tenggara Amerika Serikat, dilansir National Audubon Society.

4. Mereka sangat vokal

Baltimore oriole (commons.m.wikimedia.org/Mdf)

Sumber yang sama menjelaskan bahwa baltimore oriole adalah burung yang sangat vokal. Jantan biasanya menyanyikan nada seperti peluit seruling, itu dengar keras sepanjang musim panas. Kualitas nyanyiannya nyaring dan terdengar berani. Vokalisasi yang mungkin familiar dan banyak terdengar di sebagian besar bagian timur Amerika Serikat.

Jantan biasanya bernyanyi dari kanopi pepohonan, dilakukannya untuk menginformasikan lokasinya. Sementara itu, betina juga bernyanyi tapi nadanya lebih pendek dan sederhana daripada jantan.

5. Cara makannya sangat unik

Baltimore oriole (commons.m.wikimedia.org/Rhododendrites)

Cara makan baltimore oriole mungkin tidak seindah warna bulunya. Mereka tidak ragu untuk membenturkan ulat pada dahan hingga bulu pelindungnya terkelupas sebelum bisa menyantapnya. Burung ini juga menggunakan paruhnya dengan cara yang tidak biasa, metode itu disebut gaping. Mereka menusuk paruhnya ke dalam buah-buahan lembut kemudian membuka paruhnya untuk memotong bagian berair yang kemudian diminum dengan lidahnya.

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Grow in silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya