TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukan Cuma Flamingo, Ini 5 Burung yang Bisa Berdiri dengan Satu Kaki

Perilaku yang tampak unik untuk berbagai tujuan

Ilustrasi burung berdiri dengan satu kaki (commons.m.wikimedia.org/Kavielrey)

Banyak hal yang bisa memikat perhatian untuk mengenal dan lebih mengetahui tentang keunikan dari berbagai spesies burung. Salah satunya perilaku berdiri dengan satu kaki. Bagaimana bisa mereka melakukannya? Apa yang sebenarnya dilakukan burung-burung tersebut? Bahkan tidak hanya satu spesies burung lho yang melakukan hal tersebut.

Spesies burung yang paling umum terlihat melakukan keunikan berdiri dengan satu kaki adalah flamingo. Alasannya yaitu menjaga keseimbangan suhu tubuh saat musim dingin bahkan tidur pun dengan satu kaki. Namun, perilaku berdiri dengan satu kaki tidak hanya dilakukan oleh flamingo saja. Ternyata banyak spesies burung berperilaku demikian. Pernahkan terpikir dalam benakmu? Siapa sajakah mereka? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Angsa Kanada

Ilustrasi Angsa Kanada berdiri dengan satu kaki (commons.m.wikimedia.org/AlexiusHoratius)

Sebagai perkenalan, secara umum Angsa Kanada (Branta canadensis) adalah salah satu spesies burung yang memiliki kebiasaan berdiri satu kaki. Spesies angsa ini termasuk berukuran besar dan disebut liar. Memiliki ciri-ciri kepala dan leher hitam, pipi dan bawah dagunya putih serta tubuh cokelat. Mereka berasal dari Amerika Utara dan kadang bermigrasi melintasi Atlantik di Eropa utara. 

Mereka biasanya dapat ditemukan di dekat air tawar, muara, rawa payau juga laguna. Spesies angsa ini disebutkan dalam sebuah website Citizens for the Preservation of Wildlife, Inc oleh McClary, bahwa perilaku yang biasa dilakukan seperti berdiri dengan satu kaki. Alasannya, ketika mereka lelah maka akan melakukan hal tersebut. Dan biasanya dilakukan saat musim dingin, agar kaki tetap hangat dan melindungi tubuh lainnya. 

Baca Juga: 5 Fakta Bangau Biru, Punya Tarian yang Menawan!

2. Bangau

Ilustrasi burung Bangau (commons.m.wikimedia.org/J.M.Garg)

Perilaku pada burung bangau hampir sama dengan yang dilakukan flamingo. Bangau termasuk dalam keluarga Ciconiidae juga memiliki karakteristik seperti flamingo. Badan berukuran besar, kaki dan lehernya panjang. Serta paruhnya besar dan kuat. Terdapat banyak spesies burung bangau, warna bulunya juga bervariasi, ada yang berwarna cerah dan juga hitam. Mereka banyak ditemukan pada lahan yang basah namun hangat, sehingga berada di tempat beriklim hangat dan kering. 

Pada umumnya burung bangau memiliki perilaku unik berdiri dengan satu kaki untuk beristirahat. Namun, dilansir dalam website Good Morning Gloucester oleh Kimsmithdesign, disebutkan alasan yang jelas adalah untuk menjaga panas tubuhnya. Karena saat didalam air, air tersebut akan menyerap lebih banyak panas tubuh. Selain itu, juga sebagai bentuk kamuflase, supaya tidak mencurigakan bagi mangsa atau makanannya didalam air. 

3. Parkit

Ilustrasi burung Parkit (commons.m.wikimedia.org/H. Zell)

Spesies burung lainnya dengan kebiasaan unik berdiri dengan satu kaki adalah parkit atau budgerigar atau parakeet dalam bahasa Internasional. Memiliki nama ilmiah Melopsittacus undulates yang bertubuh kecil dan terlihat menggemaskan. Sebab bulunya terdapat perpaduan warna warni seperti kuning, biru, hijau, putih, oranye dan ungu. Paruh yang dimilikinya berbentuk bengkok, serta ditemukan di alam liar secara berkelompok. Biasanya mereka berada di kawasan hutan terbuka maupun gurun. 

Lalu, apa alasan burung parkit berdiri dengan satu kaki, apakah sama seperti flamingo dan bangau? Umumnya mereka melakukannya untuk beristirahat. Dijelaskan dalam website Beauty of Bird, dalam posisi tersebut mereka akan merasa nyaman, bahkan juga tidur dengan satu kaki. Selain itu, kehangatan tubuhnya akan terjaga. Mereka akan menggunakan dua kakinya secara bergantian untuk posisi demikian dalam beberapa saat. Ketika burung parkit bertengger seharian dengan kakinya, mungkin akan merasakan ketegangan pada ototnya. Sehingga, posisi berdiri satu kaki memungkinkan untuk mengurangi ketegangan pada otot kakinya. Adanya ligamen khusus pada kaki yang bisa membantu mereka berada pada posisi ini. 

4. Murai Batu

Ilustrasi burung Murai Batu (commons.m.wikimedia.org/Koshy Koshy)

Burung dalam keluarga Muscicapidae ini juga merupakan salah satu spesies burung yang menggunakan satu kaki saat berdiri. Murai Batu (Copsychus malabaricus) dapat ditemukan di beberapa pulau seperti Semenanjung Malaysia, Sumatra dan Jawa. Burung yang memiliki ciri bulu tubuhnya hampir seluruhnya hitam. Namun, bawah badan berwarna merah maupun jingga tampak kusam. Pada kepala terdapat semburat kebiruan dan memiliki ekor panjang. 

Ada beberapa alasan burung Murai Batu mengangkat kakinya. Diantaranya disebutkan dalam sebuah buku Panduan Komplet Budi Daya dan Memaster Murai Batu, salah satunya lingkungan yang tidak nyaman. Seperti suhu yang terlalu dingin ataupun panas. Untuk menenangkan dirinya juga saat merasa cemas atau stres. Kebiasaan alami saat sedang beristirahat atau sedang rileks. Mengatur suhu tubuh, terutama saat cuaca dingin. Bahkan terjadinya cedera atau adanya infeksi, burung Murai Batu akan mengangkat kaki untuk menghilangi rasa sakit. 

Verified Writer

Nunik Empu Apriliani

Reading will open the world and writing will increase knowledge

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya