TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memelihara Kucing Savannah, Anabul Cerdas dan Suka Main Air

Cocok untuk cat-lovers yang suka tantangan

ilustrasi kucing savannah (youtube.com/@FactsaboutCatsVideos)

Kucing savannah merupakan ras kucing hasil persilangan antara serval dan kucing rumah. Namanya tentu saja diambil dari habitat asli serval yaitu savannah di Afrika.

Sama seperti serval, kucing savannah juga dapat dikenali dari badannya yang tinggi, lebarnya daun telinga serta motif totol pada bulunya. Meskipun penampilannya terlihat menarik, kucing savannah disarankan tidak untuk dipelihara oleh cat-owner pemula, dikutip dari Lifetime Pet Cover.

Memangnya, apa tantangan dari memelihara kucing savannah? Apakah kucing savannah sulit dipelihara? Yuk, temukan jawabannya melalui artikel berikut ini!

1. Untuk pemula, disarankan memilih kucing savannah dari generasi ketiga dan seterusnya

ilustrasi kucing savannah (youtube.com/@FactsaboutCatsVideos)

Kucing savannah dibedakan berdasarkan penomoran generasinya. Dikutip dari WebMD, setiap generasi memiliki komposisi perbandingan gen serval dan kucing rumah yang berbeda.

Kalau kamu baru pertama kali memelihara kucing savannah, disarankan untuk memilih dari generasi ketiga atau dibawahnya. Generasi pertama dan kedua masih memiliki gen serval yang cukup kuat sehingga secara ukuran tubuh dan temperamen-nya masih lebih mirip dengan serval yang hidup di alam bebas.

Jika dilihat dari ukuran tubuhnya, kucing savannah generasi pertama memiliki mencapai berat tubuh 11 kg dan setinggi 40 cm saat berdiri. Dengan ukuran sebesar ini, tentu akan lebih berisiko jika dipelihara oleh keluarga dengan anak kecil.

2. Kucing savannah memerlukan banyak aktivitas fisik

ilustrasi kucing savannah (youtube.com/@FactsaboutCatsVideos)

Dikutip dari The Spruce Pets, kucing savannah memerlukan aktivitas fisik lebih banyak dibandingkan ras kucing rumah lainnya. Mereka dikenal suka memanjat dan melompat sehingga dibutuhkan fasilitas bermain yang bisa cukup menstimulasinya seperti rumah pohon kucing.

Seperti serval, kucing savannah juga suka main air, lho. Walau begitu, jangan pernah langsung memasukkan badannya ke dalam air. Cukup sediakan kolam renang anak-anak yang sudah diisi air lalu biarkan dia bereksplorasi sendiri.

Selain bermain di dalam rumah, jangan lupa untuk mengajaknya jalan-jalan santai di luar rumah. Pastikan kamu memakaikan tali harness supaya tetap berada dalam pengawasan.

Baca Juga: 4 Pelajaran Dari Memelihara Kucing, Melatih Kesabaran

3. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan kalori kucing savannah yang lebih besar dibanding kucing rumah

ilustrasi kucing savannah (youtube.com/@FactsaboutCatsVideos)

Kucing savannah memiliki ukuran rata-rata yang lebih besar dibandingkan kucing rumah. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan kalori yang juga lebih besar, dilansir dari Catster.

Selain kalori, hal yang harus diperhatikan adalah kandungan tinggi protein pada makanannya. Saat membeli makanan kucing, pastikan kamu memilih produk dengan kandungan tinggi taurine di dalamnya.

Tak kalah penting dari makanan berkualitas adalah memastikan kucing savannah tidak dehidrasi. Jangan lupa untuk selalu menyediakan air minum bersih dalam tempat yang bisa dijangkau.

4. Meski termasuk low shedding breed, perawatan secara berkala tidak boleh dilewatkan

ilustrasi kucing savannah (youtube.com/@FactsaboutCatsVideos)

Bulu tebal tapi pendek merupakan salah satu ciri khas kucing savannah. Cukup menyikat bulunya seminggu sekali untuk memastikan tidak ada bulu yang kusut maupun rontok. 

Pastikan juga untuk memotong kukunya dan menggosok giginya secara berkala. Kunjungan ke dokter hewan seperti pemberian obat untuk mencegah infeksi cacing ataupun kutu, dan juga vaksinasi sebaiknya dilakukan minimal sebulan sekali, dilansir dari WebMD.

Verified Writer

Nisa Istiqomah

menulis sebagian dari hobi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya