TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Spesies Ikan dari Genus Pomacentrus yang Hidup di Asia Tenggara

Warnanya yang cerah akan menghipnotis kita

ilustrasi ikan dari genus Pomacentrus (commons.wikimedia.org/Rickard Zerpe)

Kita semua tahu bahwa ikan laut cenderung lebih berwarna daripada ikan air tawar. Contohnya adalah damselfish, ikan laut tropis dari famili Pomacentridae. Ikan bertubuh kecil ini memiliki warna cerah, seperti biru, kuning, ungu, atau oranye.

Pomacentridae terdiri dari puluhan genus, salah satunya adalah Pomacentrus. Mereka biasanya terlihat di sekeliling terumbu karang di perairan Asia Tenggara dan sekitarnya. Berikut beberapa di antaranya!

1. Pomacentrus amboinensis

ilustrasi Pomacentrus amboinensis (commons.wikimedia.org/Rickard Zerpe)

Di urutan teratas ada Pomacentrus amboinensis alias Ambon damsel. Dari namanya saja, kita tahu bahwa mereka hidup di perairan Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Selain itu, mereka juga ditemukan di Vanuatu, Kepulauan Ryukyu (Jepang), Scott Reef (Australia), Kaledonia Baru, dan Tonga.

Ikan yang panjang maksimalnya 9 cm ini kerap terlihat di sekitar terumbu karang pada kedalaman 2–40 meter. Alga adalah makanan utamanya, tetapi terkadang juga mengonsumsi zooplankton. Uniknya, Pomacentrus amboinensis mengawali hidup sebagai betina dan bisa berubah menjadi jantan ketika dewasa.

2. Pomacentrus auriventris

ilustrasi Pomacentrus auriventris (commons.wikimedia.org/Rickard Zerpe)

Bukan tanpa alasan mengapa Pomacentrus auriventris disebut sebagai goldbelly damsel. Ini karena perut, beserta sirip dan ekornya, berwarna kuning keemasan, sementara sisanya berwarna biru tua. Mereka menghuni perairan Indonesia, Mikronesia, dan Pulau Christmas (Australia).

Memiliki panjang maksimal 5,5 cm, ikan ini dapat dijumpai di sekitar terumbu karang pada kedalaman 0–35 meter. Sebagai hewan ovipar, mereka meletakkan telurnya di substrat (permukaan organisme, misalnya tanaman). Lalu, ikan jantan akan menjaganya dari ancaman.

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Kelelawar Berbibir Merah, Punya Tubuh yang Aneh!

3. Pomacentrus bankanensis

ilustrasi Pomacentrus bankanensis (commons.wikimedia.org/Rickard Zerpe)

Pomacentrus bankanensis mempunyai beberapa julukan, yaitu speckled damsel dan fire damsel. Mereka dapat dikenali dari tubuh bagian atasnya yang berwarna oranye cerah dengan garis dan bintik berwarna biru neon. Sementara, bagian bawahnya berwarna biru muda kusam dengan garis putih vertikal di ekornya.

Kamu bisa menjumpainya di Laut Andaman, Bali dan Morotai (Indonesia), Kepulauan Christmas, barat daya Jepang, Palau, Yap (bagian dari Mikronesia), serta Fiji. Spesies yang dapat tumbuh sepanjang 9 cm ini hidup di kedalaman 0–32 meter. Suhu yang ideal bagi mereka berkisar antara 19,9–31,3 derajat Celsius. 

4. Pomacentrus philippinus

ilustrasi Pomacentrus philippinus (commons.wikimedia.org/Frédéric Ducarme)

Bergeser ke Pomacentrus philippinus atau Philippine damsel. Mereka tidak hanya hidup di Filipina saja, tetapi juga Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Pulau Cartier, Rowley Shoals, dan Ashmore Reef (Australia), Maldives, Kaledonia Baru, dan Kepulauan Ryukyu. Temukan mereka di laguna atau sekitar terumbu karang pada kedalaman 1–20 meter.

Pomacentrus philippinus sangat mudah dikenali berkat badannya yang berwarna hitam dan ekornya yang kuning mencolok. Dari segi panjang tak jauh berbeda dengan spesies-spesies sebelumnya, yaitu 10 cm. Mereka dikategorikan sebagai spesies dengan risiko rendah (least concern) karena jumlahnya melimpah dan persebarannya luas.

Verified Writer

Nena Zakiah

Let God do the rest 🌠

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya