TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hewan Menantang Takdir yang dapat Hidup Tanpa Jantung

Hewan tetap dapat bertahan hidup tanpa jantung

ilutrasi kehidupan di dasar laut (pexels.com/Francesco Ungaro)

Dalam kisah yang mempesona mengenai keajaiban hewan-hewan di alam semesta, ada beberapa makhluk yang membangkitkan rasa ingin. Misalnya, hewan dengan kemampuan unik yang dapat bertahan hidup tanpa jantung.

Di antara kompleksitas dunia hewan, jantung dianggap sebagai mesin vital. Namun, kelima hewan ini telah mengejar takdir mereka sendiri. Mereka menciptakan cara unik untuk tetap hidup tanpa jantung yang biasanya kita kenal. Hewan apa saja itu? Yuk, simak!

1. Horseshoe Crab

ilustrasi Horseshoe Craba atau Belangkas di pesisir pantai (commons.wikimedia.org/Rhododendrites)

Dilansir Maryland.gov, horseshoe crab atau Belangkas adalah makhluk purba yang telah ada selama lebih dari 450 juta tahun. Mereka terkenal karena kulit berkerangka yang keras dan bentuk cangkang mirip topi koboi. Meskipun tampak primitif, mereka telah berhasil bertahan hidup selama ribuan tahun tanpa jantung yang sebenarnya.

Horseshoe crab memiliki "jantung" berbentuk tabung yang mengelilingi usus mereka. Ini berfungsi sebagai pompa darah, mengedarkan hemolimfa (mirip darah) ke seluruh tubuh. Meskipun berbeda dengan jantung mamalia, ini adalah adaptasi yang sangat unik yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup.

Baca Juga: 6 Fakta Mengejutkan Nyamuk, Hanya Nyamuk Betina yang Menggigitmu!

2. Nyamuk

ilustrasi nyamuk yang sedang menyengat manusia (pexels.com/icon0 com)

Nyamuk adalah hewan kecil yang menyebalkan yang sering kali menjadi gangguan di musim panas. Meskipun ukuran mereka kecil, mereka memiliki sistem sirkulasi yang berbeda dari mamalia.

Dilansir NCBI, nyamuk tidak memiliki jantung yang memompa darah seperti manusia. Sebaliknya, mereka memiliki tabung jantung yang memompa hemolimfa ke seluruh tubuh. Hemolimfa adalah cairan dalam tubuh serangga yang berfungsi mirip darah. Sistem sirkulasi yang unik ini memungkinkan nyamuk untuk hidup dan berkembang biak.

3. Bintang Laut

ilustrasi Bintang Laut yang berenang di dasar laut (pexels.com/Magda Ehlers)

Dalam jurnal berjudul The Sea Stars (Echinodermata: Asteroidea): Their Biology,
Ecology, Evolution and Utilization, bintang laut adalah hewan laut yang terkenal karena bentuk tubuhnya yang menarik. Mereka juga tidak memiliki jantung yang sebenarnya. Sebaliknya, mereka memiliki sistem sirkulasi air yang unik.

Mereka memiliki saluran air yang mengelilingi tubuh mereka dan digunakan untuk mengedarkan makanan dan oksigen. Meskipun sistem sirkulasi ini berbeda dengan mamalia, bintang laut telah berhasil bertahan hidup di perairan selama berjuta-juta tahun.

4. Siput

ilustrasi Siput hidup di alam bebas (pexels.com/Marinko Krsmanovic)

Dilansir Agrifutures, siput adalah makhluk yang sering kita temui di taman atau hutan. Mereka memiliki tubuh lunak dan cangkang keras yang melindungi mereka dari bahaya. Seperti hewan lain dalam daftar ini, siput juga tidak memiliki jantung yang sebenarnya.

Mereka memiliki sistem sirkulasi darah terbuka yang memungkinkan mereka untuk mengedarkan hemolimfa ke seluruh tubuh. Sistem ini juga berfungsi untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Penyu Pipih, Hanya Bersarang di Australia?

Writer

Winda Kuncorowati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya