TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Pernah Dijajah Belanda!

Seperjuangan dengan kita, ya

histori.id

Sejarah kelam mencatat negara ini pernah dijajah oleh Belanda selama kurang lebih 350 tahun, sebelum akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945. Selama kurun waktu 350 tahun itu, Indonesia banyak sekali mengalami penderitaan yang mungkin tidak terlupakan, jangan lupakan juga kekayaan alam negeri ini yang diambil oleh para penjajah. 

Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang pernah dijajah Belanda. Berikut 5 negara yang senasib dengan kita.

Baca Juga: 11 Negara Ini Rayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus, Selain Indonesia

1. Brazil

internations.org

Negara yang sukses menyelenggarakan olimpiade musim panas tahun 2016 ini, ternyata juga pernah dijajah oleh Belanda. Negara ini jatuh ke tangan Belanda setelah sebelumnya dikuasai Portugis yang direbut melalui peperangan yang sengit.

Wilayah ini menjadi tanah jajahan Belanda pada tahun 1630-1654. Namun, kembali ke tangan Portugis setelah kembali terjadi perang besar yang membuat Belanda merugi.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Proklamasi Indonesia, Tidak Semua Orang Tahu!

2. India

theculturetrip.com

Negara dengan salah satu populasi penduduk terpadat di dunia ini juga pernah diduduki kolonial Belanda, mereka melakukan ekspansi sekitar abad ke-17 dan sampai ke India. India berada di tangan Belanda mulai dari tahun 1605 sampai 1825. Sebelum akhirnya Belanda harus merelakan India jatuh ke tangan Inggris pada abad ke-19.

Baca Juga: Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa Penjajahan

3. Suriname

reddit.com

Suriname merupakan daerah yang terletak di Amerika Selatan. Wilayah ini dikuasai oleh kolonial Inggris sebelum akhirnya kalah dari Belanda pada perang Anglo-Dutch II dan harus menyerahkan Suriname ke tangan Belanda.

Belanda menduduki Suriname mulai tahun 1668 sampai tahun 1905. Di Suriname, terkenal banyak orang yang berasal dari Suku Jawa. Hal ini karena Belanda mengirim orang-orang Jawa untuk dipekerjakan di sana.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

4. Afrika Selatan

kuoni.co.uk

Di Benua Afrika, Afrika Selatan menjadi negara yang pernah diduduki Belanda. Sebelum jatuh ke tangan Belanda, daerah ini merupakan daerah kekuasaan Portugis.

Daerah ini menjadi aset yang sangat berharga bagi Belanda, karena wilayah ini sering dijadikan tempat transit kapal-kapal Eropa yang hendak menuju Benua Asia. Belanda menguasai Afrika Selatan selama 2 periode, yaitu pada tahun 1652-1795 serta tahun 1802-1806.

Verified Writer

Mutahassin Bilhaq

Semoga kita semua menjadi orang sukses yang berbakti kepada kedua orang tua dan bermanfaat bagi nusa, agama, dan bangsa aamiin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya