TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Daerah Paling Kering Di Dunia, Bukan Hanya Gurun Sahara

Gurun Sahara ternyata bukan yang paling kering  

Gurun Sahara (pexels.com/Greg Gulik)

Kalau kita ditanya daerah manakah yang paling kering di dunia, pastilah banyak yang menjawab Gurun Sahara atau Gurun Gobi. Karena memang daerah gurun memiliki curah hujan yang rendah.

Yang mengejutkan kita semua justru daerah terkering di dunia ternyata bukan Gurun Sahara atau Gurun Gobi. Fakta ini jelas sangat mengejutkan. Kalau penasaran, simak penjelasannya ya!

1. McMurdo Dry Valleys, Antartika

McMurdo Dry Valleys, Antartika(pexels.com/Brett Sayles)

Kebanyakan orang menganggap Antartika hanyalah daratan es tak berpenghuni. Karena memang itulah yang kita lihat di peta mulai dari kita kecil.

Tapi, pengetahuan terbaru membuktikan bahwa Antartika bukan hanya dipenuhi es. Bahkan daerah paling kering di bumi pun adanya di Antartika. Daerah itu bernama McMurdo Dry Valleys. Bayangkan saja, di daerah ini hujan tidak pernah turun, curah hujannya 0 mm pertahun.

2. Arica, Chili 

Arica, Chili(simple.wikipedia.org/Heretiq)

Berikutnya adalah Arica, Chili. Arica berada di sebelah utara Gurun Atacama. Penduduk Arica hanya berkisar 196 ribu.

Daerah di benua Amerika Selatan ini ternyata memiliki curah hujan yang cukup rendah yaitu 0,761 mm pertahun. Padahal Chili dekat dengan negara Brazil yang notabene beriklim tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi.

3.Aswan, Mesir 

Aswan, Mesir(unsplash.com/ Accolade Creative)

Negeri piramida ini memang terkenal dengan suhunya yang tinggi karena memang wilayahnya didominasi daerah gurun. Dan beraktivitas di daerah akan menyebabkan dehidrasi tinggi.

Aswan memiliki curah hujan yang juga sangat rendah, hanya sekitar 0,861 mm pertahun. Hanya binatang serta tumbuhan tertentu yang mampu bertahan di sini.

4.Al-Kufrah, Libya 

Al-Kufrah, Libya(pexels.com/Taryn Elliott)

Negara di benua Afrika yang memiliki bendera warna hijau ini ternyata memiliki curah hujan yang rendah. Hanya sekitar 0,860 mm pertahun.

Dengan curah hujan yang rendah, hanya mahluk hidup tertentu yang mampu bertahan. Mereka mendapatkan sumber air karena adanya oasis di daerah tersebut.

Baca Juga: 10 Fakta Gurun Gobi, Pernah Jadi Lokasi Ditemukannya Fosil Dinosaurus

Writer

Muhamad Supendi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya