TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan Neptunus dan Uranus, Kenapa Keduanya Berwarna Biru?

Yang satu berwarna biru langit, yang lain berwarna cyan

ilustrasi tata surya (pixabay.com/BlenderTimer)

Neptunus dan uranus dikenal sebagai planet raksasa es yang keduanya memiliki kemiripan dalam batas tertentu. Bagi pandangan orang awam, neptunus dan uranus sama-sama memiliki warna biru yang identik. Tapi para peneliti membedakan keduanya, warna neptunus dikenal dengan biru langit sedangkan uranus memiliki warna cyan atau identik dengan biru lebih terang.

Perbedaan warna ini tak terjadi begitu saja. Komposisi gas dan aktifitas yang terdapat di kedua planet inilah yang membuat warna neptunus dan uranus berbeda. Tak hanya itu saja, ada perbedaan lainnya yang layak untuk dipelajari. Untuk lebih lengkap, ini beberapa perbedaan dari neptunus dan uranus.

1. Penemuan

ilustrasi planet neptunus (pixabay.com/95C)

Neptunus adalah planet kedelapan dari matahari dengan jarak rata-rata 4.498,4 km. Planet ini ditemukan oleh Johann Galle pada1846. Sedangkan uranus masuk dalam urutan ketujuh di tata surya dengan jarak rata-rata 2.870,99 km dari matahari. Planet ini ditemukan pda tahun 1781 oleh William Herschel.

Satu hal yang sama dari kedua planet ini adalah, kedua diketahui sudah dijelajah oleh Voyager 2. Dimana Voyager 2 adalah satu-satunya pesawat luar angkasa yang pernah berkunjung di neptunus dan uranus.

2. Karakteristik

ilustrasi neptunus (pixabay.com/CharlVera)

Dikutip dari lovethenightsky, neptunus memiliki perbedaan mulai dari mass, volume, grafitasi dan lain sebagainya. Berikut data lengkap perbedaan kedua planet tersebut.

Secara rinci, massa planet neptunus adalah 102.413 x 10^24 kg dengan volume 6.254 x 10^10 km^3 dan diameter 49.244 km. Jarak dari matahari 4,49 miliar km sehingga suhu rata-rata pada tekanan 1 bar adalah -201 derajat celcius. Planet ini memiliki gravitasi 11,15 m/s^2 dan kemiringan aksial 29 derajat. Selain itu, neptunus diketahui telah dikelilingi oleh 14 satelit dan memiliki 6 cincin.

Sedangkan uranus memiliki massa 86.813 x 10^24 kg dengan volume 6.833 x 10^10 km^3 dan diameter 50.723 km. Suhu rata-rata pada tekanan 1 bar planet ini adalah -197 derajat celcius karena jarak dari matahari 2,9 miliar km. Planet ini punya gravitasi 8,87 m/s^2 dengan kemiringan aksial 97,77 derajat. Uranus dikelilingi 27 satelit dengan cincin dibagi menjadi tiga kelompok besar.

3. Ciri khusus

ilustrasi uranus (pixabay.com/95C)

Selain ciri umum, neptunus dan uranus memiliki ciri unik tersendiri. Misalnya, neptunus memiliki bintik gelap besar yang mirip dengan bintik gelap besar yang berada di Jupiter. Namun, bintik ini terakhir terlihat pada tahun 1994. Tak hanya itu, neptunus juga memiliki julukan rumah bagi badai tercepat di tata surya. Kecepatan angin di Neptunus lebih dari 100 mil/jam.

Selain itu, neptunus memiliki bulan terbesar yang diberi nama Triton dan memiliki orbit retrogade atau terlihat berjalan mundur saat dilihat dari bumi. Triton menjadi satu-satunya bulan besar di tata surya yang berputar berlawanan arah dengan planet induk.

Sedangkan uranus memiliki ciri khusus pada kemiringannya yang ekstrim. Dimana kemiringan ini berpengaruh pada variasi musiman yang juga ekstrim. Secara harfiah, kemiringan planet ini mencapai 97,77 derajat sehingga musim dingin bisa terjadi selama 21 tahun.

4. Sebab beda warna

ilustrasi neptunus (unsplash.com/NASA)

Sebelum mengacu sebab perbedaan warna antara neptunus dan uranus, terlebih dulu harus diketahui kandungan atmosfer yang ada di dua planet tesebut.

Berdasarkan lovethenightsky, Neptunus terdiri dari hidrogen 80%, helium 19%, metana 1,5 % sedangkan uranus terdiri dari hidrogen 82,5%, helium 15,2%, metana 2,3 %. Dari kandungan tersebutlah, neptunus dan uranus memiliki warna yang hampir sama. Neptunus memiliki warna biru langit sedangkan uranus digambarkan berwarna cyan.

Perbedaan warna biru di kedua planet ini disebabkan oleh, dikutip dari astronomy, atmosfer di planet uranus yang berjalan dengan lamban sehingga tidak bisa menghilangkan kabut dengan baik. Oleh karena itu, warnanya lebih terang dibandingkan dengan planet neptunus.

Selain itu, dikutip dari science.nasa, lapisan kabut di uranus lebih tebal dibandingkan di planet neptunus. Hal ini membuat uranus tampak lebih putih dibandingkan neptunus. Jika kabut tersebut tak ada, kedua planet ini memiliki warna biru yang sama.

Verified Writer

mirqotul aliyah

Hi 🙋‍♀️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya