TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan Kucing American Shorthair dan British Shorthair

Ternyata American dan British shorthair beda ras, lho!

ilustrasi kucing british shorthair (unsplash.com/)

Kucing American shorthair dan British shorthair memiliki nama yang hampir sama. Namun di balik persamaan tersebut ternyata keduanya merupakan dua ras kucing yang berbeda. Bahkan perbedaan keduanya bisa dilihat secara visual, lho. 

Namun tak hanya itu, kedua jenis ras kucing ini juga memiliki sejarah yang berbeda. Oleh karena itu, keduanya tidak bisa disamakan, ya. Yuk, simak penjelasan selengkapnya untuk memahami kedua karakter kucing ini. 

1. Ciri-ciri

ilustrasi kucing american shorthair (pexels.com/Pixabay)

Perbedaan American shorthair dan British shorthair bisa dilihat dari bentuk telinga, mata, badan, tinggi hingga warna dan pola. American shorthair memiliki telinga yang berbentuk bulat, mata yang besar dan lebar serta kepala yang bulat dan besar.

Untuk badannya biasanya lebih kekar dan berotot dengan sedikit lebih tinggi dan panjang. Sama dengan kapalanya, kaki American shorthair juga berbentuk bulat. Kucing ini biasanya berwarna dan corak hitam, lilac, coklat dan corak seperti kulit penyu.

Sedangkan British shorthair memiliki mata yang berbentuk almond, telinga runcing dan pendek serta kepala bundar. Kucing ini juga memiliki kumis panjang dengan hidung segitiga gelap. Untuk tubuhnya juga tebal namun rentan kelebihan berat badan.

2. Sejarah

ilustrasi kucing british shorthair (pexels.com/Ion Ceban @ionelceban)

American shorthair diyakini ada di Amerika karena ada campur tangan pemukim Eropa. Dikutip dari mybritishshorthair, kucing ini dibawa oleh pelaut dan biasanya membantu pelaut menjaga kapal dari tikus. Bedasarkan cat-world, kucing ini dikenal sebagai domestic shorthair sampai tahun 1966.

Sedangkan kucing British shorthair merupakan salah satu ras terbesar dan kucing tertua. Dikutip dari cat-world, kucing ini dibawa oleh orang Romawi ke Inggris pada 2000 tahunan yang lalu. Saat itu, kucing British shorthair diperkerjakan untuk mengendalikan hama.

Namun seiring berkembangnya zaman tepatnya pada abad ke-19, kucing ini mulai dikembangbiakkan. Sempat mengalami penurunan jumlah pada Perang Dunia II namun adanya program pemulihan khusus membuat kucing ini masih ada hingga sekarang.

Baca Juga: 6 Fakta Pallas Cat, Si Kucing Hantu yang Terancam Punah

3. Karakteristik

ilustrasi kucing american shorthair (pexels.com/Cats Coming)

American shorthair dikenal memiliki keterampilan yang baik dalam berburu tikus dan termasuk kucing yang sangat aktif. Selain itu, kucing ini juga interaktif dan senang hidup berdampingan dengan manusia. Kucing ini juga tak bermasalah untuk hidup dengan hewan peliharaan lain.

Sedangkan British shorthair termasuk hewan yang mandiri dan banyak bicara. Kucing ini juga tidak malu dengan orang asing atau hewan lain dan cenderung tidak banyak beraktivitas. Selain itu, British shorthair juga tidak mudah marah dan lebih memilih pergi jika ada situasi yang tidak membuatnya nyaman.

4. Kesehatan

ilustrasi kucing british shorthair (pexels.com/Kostiantyn Klymovets)

Kucing American shorthair termasuk ras yang mudah dirawat. Untuk perawatan rutin sebaiknya menyisir bulunya setiap hari agar tidak rontok di rumah. Kucing ini termasuk ras sehat namun rentan dengan penyakit jantung, kardiomiopati hipertrofik dan obesitas.

Sedangkan British shorthair sangat suka jika pemiliknya memiliki waktu bermain untuknya. Tak ada ketentuan kapan menyikat bulu namun menyisirnya setiap hari cukup membantu kesehatannya.

Walaupun termasuk ras yang sedikit masalah kesehatan tapi jika sudah berumur rentan sakit jantung, tromboemboli arteri, dan penyakit ginjal polikistik. Bahkan yang perlu diwaspadai adalah penyakit hemofilia yang bisa menurun pada anaknya.

Untuk itu, kucing American shorthair dan British shorthair lebih baik melakukan diet dan rutin berolahraga. Lebih baik lagi jika melakukan kunjungan ke dokter secara rutin.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kucing Karakal, Pemburu Liar yang Kuat!

Verified Writer

mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya