TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Great Potoo, Spesies Burung Unik yang Sangat Jago Berkamuflase

Dapat melihat dalam keadaan mata tertutup juga, lho!

ebird.org

Great Potoo adalah salah satu spesies burung unik yang dikenal sangat jago berkamuflase. Hewan yang memiliki nama illmiah Nyctibius grandis ini mempunyai corak bulu yang hampir mirip dengan corak pada batang pepohonan. Maka tak heran, burung yang tersebar di wilayah Amerika Tengah hingga Amerika Selatan ini sangat jago sekali dalam melakukan kamuflase. Unik sekali, bukan?

Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa fakta menarik lainnya seputar Great Potoo. Ada apa saja? Berikut ini rangkumannya.

1. Habitat dan aktivitas

ebird.org

Great Potoo atau Potoo besar merupakan jenis burung netropis yang tersebar di wilayah Amerika Tengah hingga Amerika Selatan, terutama Meksiko, Bolivia, Guatemala, dan Brazil. Great Potoo biasanya banyak ditemui di sekitar hutan tropis dan lahan pertanian.

Saat siang hari, Great Potoo biasanya ditemukan suka bertengger atau bersarang di pepohonan besar, sekitar 12 m dari permukaan tanah. Berbeda dengan malam hari, mereka biasanya lebih sering berpindah-pindah ke tempat bertengger yang lebih rendah, sekitar 1,5 m dari permukaan tanah untuk berburu mangsa, ungkap laman Animal Diversity Web.

2. Dapat melihat saat matanya sedang tertutup

flickr.com

Hal yang paling menarik dari burung ini ialah dapat melihat di saat matanya sedang tertutup. Dilansir dari Planet Save, Great Potoo memiliki ukuran mata yang cukup besar dan memiliki celah yang tidak biasa di bagian kelopak matanya. Maka dari itu, Great Potoo dapat merasakan pergerakan dalam keadaan mata sedang tertutup.

Selain itu, saat sedang tidur pun Great Potoo juga dapat mendeteksi berbagai macam pergerakan yang mendekatinya, lho. Hal itu pun memungkinkan kalau hewan ini dapat melarikan diri dari bahaya.

Baca Juga: Gak Cuma Jago Menyelam, Ini 7 Fakta Menarik Burung-burung Laut

3. Tipe burung kanibalisme

justbirding.com

Selama kesehariannya, Great Potoo biasanya dikenal suka memakan hewan-hewan berukuran kecil, seperti ngengat, kumbang, dan belalang. Namun berbeda saat malam hari telah tiba.

Dikutip dari Birds of the World via Ranker, Great Potoo ternyata juga suka memakan jenisnya sendiri dengan ukuran yang lebih kecil lagi darinya di saat ada kesempatan dan hanya berlangsung di malam hari. Mahluk nokturnal ini juga rela pergi jauh dari habitat aslinya untuk pergi berburu saat matahari telah terbenam.

4. Burung jantan juga ikut mengerami telur

treknature.com

Kebanyakan jenis burung yang tersebar di belahan dunia itu hanya betina yang memiliki tugas untuk mengerami telurnya. Namun hal tersebut ternyata tidak berlaku bagi jenis burung yang satu ini.

Great Potoo adalah jenis burung yang bersifat monogami dan berbagi tanggung jawab saat mengasuh anaknya, terutama dalam mengerami telur. Dilansir dari situs Planet Save, burung jantan ternyata juga memiliki tugas mengerami telur saat siang hari. Lalu saat malam hari, keduanya mengerami telur secara bersama-sama.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Dodo, Burung Punah Tak Terbang Asal Mauritius

Verified Writer

Mahdi Ghufron Hidayat

Sedang belajar menjadi lebih baik lagi || IG: efrontwo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya