TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Reptil Unik yang Berhabitat di Cina, Ada Kadal yang Mirip Buaya

Banyak yang terancam punah!

kadal buaya (commons.wikimedia.org/ spacebirdy)

Identik dengan hewan ikoniknya, Panda, Cina ternyata menyimpan keanekaragaman reptil yang belum banyak diketahui publik. Cina termasuk sepuluh besar negara dengan spesies reptil terbanyak di dunia. Negara ini menyumbang 5,28 persen spesies reptil secara global. Tidak cuma reptil besar seperti buaya, Cina juga memiliki beragam kadal, kura-kura, dan reptil lain yang gak kalah unik.

Ada 631 spesies reptil yang berhabitat di negeri tirai bambu, kamu bisa kenalan dengan lima di antaranya dengan ulasan berikut ini. Tunggu apa lagi? Ayo, scrolling sampai habis!

1. Aligator yangtze

aligator china (commons.wikimedia.org/ RedGazelle15)

Mayoritas aligator hidup di Amerika, tapi ada juga yang terdapat di negara lain. Salah satunya ialah Alligator sinensis atau lebih dikenal dengan nama aligator yangtze. Reptil ini hanya hidup di perairan arus lambat di lembah Sungai Yangtze. 

Aligator yangtze merupakan pemakan krustasea, unggas air, ikan dan tikus.  Mereka berukuran lebih kecil dari kerabatnya di Amerika, yaitu cuma 1,5 meter saja. Bobotnya pun tidak lebih dari 38,5 kilogram.

Kehilangan habitat serta perburuan untuk tujuan konsumsi dan pembuatan obat tradisional membuat populasinya menurun drastis. Britannica melansir jika populasinya di bawah 200 ekor menurut perhitungan di tahun 2015. Akibatnya, aligator yangtze dikategorikan sebagai hewan critically endangered menurut IUCN.

Baca Juga: 5 Reptil Bergigi Tajam yang Harus Dihindari, Jangan sampai Digigit!

2. Kura-kura cangkang lunak raksasa yangtze

kura-kura cangkang lunak raksasa yangtze (dok. Mr. Ha Dinh Duc)

Sungai Yangtze, Cina,  juga merupakan habitat bagi kura-kura cangkang lunak raksasa yangtze (giant softshell turtle yangtze). Hewan bernama ilmiah Rafetus swinhoei ini memang hewan asli perairan air tawar di timur dan selatan Cina. Mereka juga diketahui tersebar di Vietnam bagian utara. 

Kura-kura yang bisa tumbuh hingga ukuran satu meter ini disebut-sebut sebagai reptil paling langka di dunia. Hanya ada dua individu yang terkonfirmasi masih hidup saat ini dan keduanya berjenis kelamin jantan. Menurut Mongabay, kedua ekor kura-kura cangkang lunak raksasa yangtze tersebut terdapat di Kebun Binatang Suzhou, Cina, dan Danau Xuan Khanh, Vietnam. 

3. Kura-kura koin emas

kura-kura koin emas (commons.wikimedia.org/ Cuora)

Selain kura-kura cangkang lunak raksasa yangtze, Cuora trifasciata juga termasuk spesies native Cina yang berstatus critically endangered. Reptil yang populer dengan nama kura-kura koin emas atau kura-kura kotak tiga garis ini tersebar di bagian selatan Cina seperti Fujian, Guangdong, juga Hong Kong serta utara Vietnam, Myanmar dan Laos.

Kura-kura yang berukuran antara 20 hingga 32 centimeter ini punya warna tubuh bervariasi. Namun, keberadaan tiga garis hitam yang membujur di karapasnya membuatnya mudah dibedakan dari kura-kura jenis lain. Mereka diketahui dapat hidup hingga umur 30 tahun.

4. Kadal buaya

kadal buaya (commons.wikimedia.org/ spacebirdy)

Shinisaurus crocodilurus atau kadal buaya ialah salah satu spesies reptil asli Cina yang berasal dari famili Shinisauridae. Apa kamu bisa menebak kenapa ia disebut kadal buaya? Ya, kadal ini dinamakan kadal buaya karena ekornya bersisik besar seperti buaya. Ekornya juga dikenal kuat.

Dari segi ukuran, kadal semi-akuatik ini berukuran sedang yaitu antara 20 hingga 40 centimeter saja. Tubuhnya bersisik cokelat kehijauan dengan garis hitam dan merah. Kadal jantan menunjukkan warna yang lebih terang dari betina.

Kadal buaya bisa ditemukan di hutan subtropis di selatan Cina dan juga Vietnam. Mereka senang berada di dekat aliran air yang lambat. Namun sayang, kini kadal unik ini sudah langka. Bentuk fisiknya yang unik mendorong perburuan illegal untuk dijadikan peliharaan eksotis. Deforestasi juga membuat kadal buaya kehilangan habitat aslinya.

Verified Writer

Laras Larasati

Penulis tema sains, life tips, dan Thai-entertainment | Email: larasati.anindito@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya